Buah Pisang Bisa Atasi Masalah Gangguan Lambung (GERD)

Selain enak, pisang adalah buah dari sejuta umat. Buah ini tergolong murah dan mudah ditemukan dimana saja. Tak heran jika pisang menjadi buah favorit banyak orang.
Meski harganya murah, namun manfaat pisang tidak bisa dianggap remeh. Pisang dikenal memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Makan pisang secara teratur dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengobati tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran oksigen ke otak, menurunkan berat badan, dan digunakan untuk merawat kulit.

BACA JUGA  Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Namun, ada lagi manfaat pisang yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Konon, pisang baik dikonsumsi saat asam lambung sedang meningkat. Mitos atau fakta, bukan? Spesialis nutrisi klinis Dr. Feni Nugraha, M. Gizi, Sp.GK akan memberikan penjelasannya.

“Fakta. Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki sifat asam rendah atau basa, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita GERD,” ujarnya dalam acara Healthy Life Plus di tvOne, Jumat 11 September 2020.

Selain itu, Dokter Feni menjelaskan bahwa pisang sendiri dapat membantu lapisan permukaan kerongkongan yang teriritasi asam lambung.
Selain itu, pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk saluran pencernaan. Konsumsi serat pada penderita GERD sangat baik, ujarnya.

BACA JUGA  Ungkap Fakta Bahwa Olahraga Mampu Redakan Stres Di Masa Pandemi

Menurut Feni, serat dapat membantu mengurangi atau menurunkan aliran asam lambung ke esofagus atau episode refluks. Selain itu, serat juga dapat memperbaiki gejala GERD, seperti: Mengurangi sensasi terbakar yang berhubungan dengan GERD.

Leave a Comment