Mengenang Satu Tahun Meninggalnya Bapak BJ Habibie

Presiden ke-3 Republik Indonesia bapak BJ Habibie, meninggal hari ini pada hari Jumat (11/9) setahun lalu. BJ Habibie diketahui meninggal pada 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Kedua putra BJ Habibir, Ilham Habibie dan Thareq Habibie, kemudian berencana menggelar acara tahlilan dan doa bersama keluarga dan sejumlah stafnya. Menurut manajer Graha Habibie Ainun, Bobby Dharmistanto, peringatan satu tahun meninggalnya BJ Habibie semula dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB di Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan.

BACA JUGA  DPR Minta Aparat Segera Investigasi Kejadian Penembakan Di Papua

Sayangnya acara di Patra Kuningan terpaksa dibatalkan. Pasalnya, penularan virus corona (COVID-19) di Jakarta semakin meningkat dan Gubernur Anies Baswedan juga menyatakan kondisi ibu kota saat ini dalam keadaan darurat.

“Untuk menghormati tata tertib kesehatan, doa tahlil mengenang kematian almarhum Pak BJ Habibie yang berusia satu tahun bisa dilakukan dari rumah masing-masing,” kata Bobby selaku panitia acara yang dilansir Kumparan. Bobby juga mengungkapkan bahwa keluarga besar BJ Habibie masih bisa mengikuti Tahlilan secara online melalui aplikasi Zoom.

BACA JUGA  Polisi Gelar Patroli Pulangkan Pedemo Untuk Cegah Klaster Baru Corona

Namun, jumlah peserta Tahlilan online terbatas. “Keluarga dan kerabat dekat lainnya bisa mengikuti acara tersebut melalui aplikasi Zoom yang memiliki link terbatas,” kata Bobby.

Masyarakat umum masih bisa menghadiri acara Tahlilan selama setahun setelah kematian BJ Habibie. Yaitu melalui Tahlilan online di channel YouTube Habibie Center. “Masyarakat nantinya bisa mengikuti acara ini melalui channel YouTube Habibie Center,” pungkas Bobby.

Di sisi lain, BJ Habibie disebut-sebut sudah masuk RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak 1 September 2019 dan mendapat perawatan di sana. Menurut Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK), Prof. Dr. Azis Rani dalam keterangan resminya, BJ Habibie, ditangani oleh tim dokter spesialis dari berbagai bidang. seperti jantung, penyakit dalam dan ginjal. Jenazah BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada 12 September 2019.

BACA JUGA  Profil Singkat Pak Tino Sidin Yang Ada Di Google Doodle Hari Ini

Leave a Comment