Pemilihan Waktu Yang Tepat Untuk Anda Berolahraga

Dengan jadwal yang padat, bisa jadi sulit mencari waktu untuk berolahraga. Antara pekerjaan, kehidupan sosial, dan nonton film maraton, berolahraga itu sulit, meskipun kami tahu itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Namun, akan sangat membantu jika Anda merencanakan terlalu banyak untuk mengetahui bahwa berolahraga pada waktu-waktu tertentu saat Anda mencapai gym dapat membantu memaksimalkan sasaran kebugaran tubuh. Kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Menurut Healthline, olahraga pagi dan sore merupakan salah satu pilihan. Banyak sekali manfaat berolahraga di pagi hari. Pertama-tama, Anda akan menyelesaikan dan menyelesaikannya bahkan sebelum Anda memulai hari Anda. Itu berarti memulai hari dengan endorfin dan perasaan luar biasa mengetahui bahwa sebelum jam 9 pagi Anda mencapai sesuatu yang tidak akan dicapai oleh sebagian orang sepanjang hari.

BACA JUGA  Olahraga Ringan Yg Bisa Dilakukan Bersama Keluarga Disaat Pandemi

Plus, Anda tidak perlu khawatir tentang latihan siang atau malam. Ini bisa melegakan karena memberi Anda waktu untuk memasak makan malam, bersosialisasi dengan teman, dan bersantai. Studi mendukung gagasan berolahraga di pagi hari. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sport and Exercise menilai bagaimana wanita merespons makanan setelah olahraga pagi.

Ketika para peserta – mereka yang memiliki berat badan sehat dan mereka yang obesitas – berjalan cepat selama 45 menit, perhatian mereka berkurang oleh foto-foto makanan yang tampak lezat dibandingkan jika mereka tidak berolahraga sama sekali. Berdasarkan aktivitas pagi itu, pada hari-hari mereka berolahraga di pagi hari, peserta juga meningkatkan aktivitas fisiknya sepanjang hari dibandingkan dengan hari-hari tidak berolahraga di pagi hari.

BACA JUGA  Lakukan Pemanasan Sebelum Gowes, Agar Terhindar Dari Cedera Otot

Manfaat tambahan pergi ke gym di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme. Ini berarti Anda membakar kalori sepanjang hari saat mengonsumsinya, bukan di malam hari saat Anda tidur.

Studi lain menyebutkan bahwa meningkatkan rutinitas fitnes pada malam hari dapat memengaruhi kualitas tidur. Olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda. Artinya, keringat di malam hari dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memejamkan mata. Studi ini menemukan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi, daripada sore atau malam hari, dapat membantu individu tidur lebih nyenyak di malam hari.

BACA JUGA  Beberapa Kegiatan Yang Bisa Picu Penularan Corona Klaster Keluarga

Argumen lain yang membuat alasan untuk berolahraga di pagi hari adalah berolahraga dengan perut kosong dapat membakar lebih banyak lemak. Olahraga dapat membakar lemak tubuh hingga 20% lebih banyak jika Anda pergi ke gym dengan perut kosong. Ini adalah pencapaian yang jauh lebih besar di pagi hari sebelum sarapan dibandingkan setelah seharian makan secara teratur.

Meski pagi hari sepertinya waktu yang ideal untuk berolahraga, berolahraga di sore hari atau setelah bekerja terbukti bermanfaat. Jika Anda merencanakan malam, Anda akan memiliki istirahat ekstra di pagi hari. Tapi ada keuntungan lain juga.

BACA JUGA  Empat Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Untuk Diluar Ruangan

Satu studi menemukan bahwa kemampuan tubuh mencapai puncaknya pada sore hari. Suhu tubuh meningkat sepanjang hari dan mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan untuk kinerja.

Suhu tubuh tertinggi antara jam 2 siang dan 6 sore. Anda berolahraga selama waktu tubuh Anda paling siap, yang menjadikannya waktu yang paling efektif untuk berolahraga.
Selain itu, kinetika pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti Anda menggunakan sumber daya Anda lebih lambat dan lebih efektif daripada di pagi hari. Latihan pagi hari juga membutuhkan latihan pemanasan tambahan, yang dapat menurunkan fokus latihan.

BACA JUGA  Anda Ingin Panjang Umur? Tiru Kebiasaan Orang jepang Berikut :

Kasus pelatihan di sore dan malam hari terus berlanjut. Waktu respons Anda tercepat pada sore dan malam hari. Ini penting untuk latihan seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT) atau latihan kecepatan di atas treadmill. Sore hari juga merupakan waktu dengan detak jantung dan tekanan darah terendah, yang mengurangi risiko cedera sekaligus meningkatkan kinerja.

Sementara beberapa orang memperingatkan bahwa olahraga malam hari dapat mengganggu tidur Anda, sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa mereka yang angkat beban di malam hari tidur lebih nyenyak dan tidur lebih lama daripada mereka yang melakukan olahraga yang sama di pagi hari.

BACA JUGA  Masa Pandemi Bikin Pasangan Rentan Pisah, Begini Cara Mengatasinya

Latihan pada dasarnya penting. Tidak peduli jam berapa sekarang. Hal terpenting adalah Anda menemukan waktu yang sesuai dengan jadwal dan kemudian menaatinya. Dengan menjaga rutinitas olahraga Anda konsisten pada waktu yang sama setiap hari, Anda dapat memperoleh hasil olahraga yang lebih baik.

Leave a Comment