3 Kebiasaan Yang Diabaikan Masyarakat Sebabkan Corona Menyebar

Berbagai aktivitas telah dilanjutkan meski pandemi masih berlangsung. Menerapkan protokol kesehatan sudah menjadi kewajiban yang berlaku di tempat dan kantor umum.
Namun, mengingat tingginya angka positif COVID-19 hingga saat ini, masyarakat harus tetap waspada. Berdasarkan data yang diunggah dari situs covid.go.id per 9 September 2020 terdapat 203.342 kasus positif.

Oleh karena itu, untuk terhindar dari COVID-19, masyarakat harus mewaspadai adanya kesalahan yang dapat menimbulkan cluster baru. Jika memulai dari berbagai sumber, berikut beberapa kesalahan yang dapat memicu penyebaran COVID-19.

BACA JUGA  Jus Buah dan Sayur Bisa Redakan Sakit Perut Dan Masalah Pencernaan

Tidak Menggunakan masker

Saat ini kami merekomendasikan penggunaan masker saat bepergian ke luar rumah. Namun, masih banyak orang yang tidak mengikuti rekomendasi ini. Bahkan sampai harus diingatkan oleh petugas. Padahal menurut rekomendasi pemerintah, masker harus selalu digunakan di dalam ruangan dan di tempat-tempat yang banyak orang.

Penggunaan masker dengan filtrasi, seperti Masker medis, misalnya, sangat disarankan untuk mencegah partikel virus masuk ke dalam tubuh. Penggunaan masker juga harus diperhatikan. Banyak yang masih salah dalam menggunakan masker dengan tidak menutupi hidung secara keseluruhan.

BACA JUGA  Tips Terhindar Dari Covid-19 Bagi Anda Yang Masih Aktif Dikantor

Tidak menjaga kontak fisik

Kapanpun Anda bertemu kolega, teman, atau anggota keluarga dari daerah lain, Anda harus selalu menjaga kontak fisik. Pasalnya, banyak pasien COVID-19 yang tidak tahu bahwa dirinya terinfeksi karena tidak menunjukkan gejala. Sehingga jika Anda menjaga jarak aman saat berinteraksi, hal tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi virus ini.

Cuci tangan Anda selama 20 detik setelah bepergian ke atau dari kantor. Menjaga jarak hingga 2 meter saat berinteraksi bisa menjadi solusi untuk meminimalisir resiko yang ada.

BACA JUGA  Berapa Jumlah Vitamin C Yang Kita Butuhkan Setiap Hari?

Berkerumun di tempat umum

Saat sedang mengadakan meeting, hangout bareng teman, atau mau ke pasar biasanya masih banyak yang tentunya berbahaya. Kerumunan di ruang tertutup dengan sistem ventilasi yang buruk dapat menyebarkan virus dengan cepat.

Untuk alasan ini, saat ini lebih baik menghindari tempat umum ketika mereka tidak tertarik. Jika tetap harus berjalan kaki, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti berjalan kaki. B. Mencuci tangan dengan hati-hati, penggunaan masker, menjaga jarak interaksi dan penggunaan desinfektan tangan.

BACA JUGA  Lima Cara Mencegah Masalah Pencernaan

Leave a Comment