Jalin Kerja Sama, BTN dan PPDP Akan Percepat Proses KPR Subsidi

Optimalisasi digitalisasi pada layanan perbankan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) tidak hanya berhenti pada sistem internal saja, tetapi juga harus sejalan dengan digitalisasi mitra strategisnya, dalam hal ini Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDP) ) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sistem yang diharmonisasikan oleh Bank BTN adalah sistem eLoan, yaitu sistem internal Bank BTN untuk pemrosesan kredit dengan platform SiKasep dari PPDPP. SiKasep adalah Big Data System untuk Properti Bersubsidi dan Permintaan verifikasi masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR) yang berhak atas Tunjangan Perumahan.

BACA JUGA  Dolar AS Tertekan, Rupiah Menguat Pada Perdagangan Hari Ini

Saat ini, Bank BTN dan PPDPP telah memperkenalkan sistem terintegrasi atau host-to-hosting untuk boarding eLoan dan SiKasep PPDPP. MBR yang mengajukan KPR bersubsidi dapat melakukan SiKasep dengan menggunakan sistem BTN eLoan Bank dengan bantuan pegawai bank dari Tahap pendaftaran mendaftarkan pemilihan unit rumah idaman, “kata Hirwandi Gafar, Direktur Konsumer & Komersial Bank BTN, di awal dimulainya sistem onboarding host-to-host eLoan. dan SiKasep PPDPP kemarin di Tangerang.

Hirwandi menjelaskan, sebelum dilakukan sinkronisasi oleh bank BTN ini, proses registrasi MBR SiKasep hanya bisa dilakukan untuk satu aplikasi di ponsel. Namun, banyak MBR tunduk pada perangkat, jaringan, dan masalah lain yang menunda proses pendaftaran.

BACA JUGA  Kinerja Mengecewakan Wallstreet Picu Kenaikan Harga Emas

Selain itu, kendala lainnya adalah pegawai bank harus memasukkan kembali data yang sebelumnya telah dimasukkan oleh MBR di aplikasi SiKasep ke dalam sistem BTN eLoan, yang berarti proses pelayanan tidak efisien.

Setelah mengembangkan sistem onboarding eLoan host to host dengan SiKasep, keuntungan dicapai. Sinkronisasi antara SiKasep dan eLoan meningkatkan jumlah saluran yang dapat digunakan MBR untuk mengakses aplikasi SiKasep PPDPP. Hal ini mempercepat proses karena calon debitur yang mengajukan KPR bersubsidi tidak perlu berulang kali memasukkan data yang sama baik di aplikasi SiKasep maupun SiKasep eLoan BTN. Hasilnya, sinkronisasi ini meminimalkan kesalahan proses yang disebabkan oleh ketidaksesuaian data antara aplikasi SiKasep PPDPP dan eLoan BTN.

BACA JUGA  Utang Indonesia Lampaui Rp6.100 Triliun per Agustus 2020

‚ÄúProses pengajuan KPR bersubsidi semakin cepat dan yang utama registrasi melalui eLoan. Calon debitur bisa langsung memilih Bank BTN sebagai bank penyalur KPR bersubsidi. Dengan host-to-host ini, pangsa pasar Bank BTN akan semakin besar. ” dia berkata. (Rakhmat Baihaqi)

Leave a Comment