Hyundai Kona Electric Akan Dipasarkan di Indonesia Usai Lolos Uji

Hyundai Kona Electric dikatakan telah lulus persetujuan tipe sehingga bisa mendapatkan Sertifikasi Uji Tipe (SUT) dan SertifikatRegistrasi Uji Type (SRUT) dari Departemen Perhubungan (Kemenhub). Mobil listrik ini telah memenuhi syarat penting sebelum bisa dijual di Indonesia.
Departemen Perhubungan mengutip Antara, Rabu (9/9), Kona Electric merupakan satu dari 29 jenis mobil listrik yang diterima SUT dan SRUT. Mobil ini sebelumnya sudah diketahui terdaftar di situs Samsat DKI Jakarta.

Data kami menunjukkan 29 jenis kendaraan sudah tersertifikasi dan memiliki SUT dan SRUT pada kendaraan listrik roda empat, kata Kepala Bidang Sertifikasi Dinas Perhubungan Jabo Nur Utip dalam diskusi virtual.

BACA JUGA  Update Daftar Harga Terbaru Semua Varian Motor Yamaha Februari 2021

Kementerian Perhubungan mengungkapkan tidak hanya soal persetujuan tipe, tapi juga harga jual Kona Electric dalam presentasinya yakni Rp 674,8 juta on the road Jakarta.
Gema pemasaran Kona Electric di Indonesia sebenarnya sudah terdengar sejak lama. Bentuk mobil ini bahkan sempat ketahuan saat parkir di mal Jakarta.

Kemunculan mobil ini juga sejalan dengan rencana Hyundai untuk mengkomersialkan mobil listrik buatan Indonesia. Pabrik Hyundai yang saat ini sedang dibangun di dalam negeri diketahui banyak memproduksi model, termasuk mobil listrik.

BACA JUGA  Mitsubishi Resmi Luncurkan Xpander Limited Edition

Departemen pemasaran GM Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid A. Wijana pernah mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan beberapa produk yang cocok untuk pasar Indonesia.

Namun, Astrid tidak menjelaskan ragam model mobil yang diuji saat itu. Saat Kona Electric mulai dijual, itu akan menjadi mobil listrik kedua Hyundai setelah Ionic, yang akan dipasarkan di dalam negeri dengan harga off-road Rp 569 juta (belum termasuk pajak).

Hyundai saat ini tengah menjajaki berbagai lini produk yang berpotensi memberikan kepuasan terbaik bagi konsumen di Indonesia, sehingga masih ada beberapa opsi yang terbuka. Kami berharap bisa berbagi informasi secara lengkap setelah ada keputusan lebih lanjut,” kata Astrid.

BACA JUGA  Cara Sederhana Perawatan Jok Kulit Agar Tidak Kaku Dan Retak

Hingga saat ini, Kona Electric baru dipasarkan di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat. Kona bermesin konvensional 2.000 cc sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2019.

Leave a Comment