Motor Baru Keeway V250, Mesin V dan Tanpa Rantai Akan Rilis Oktober

Salah satu produk baru bermerek Keeway yang akan diluncurkan Benelli Motor Indonesia (BMI) bulan depan adalah V250 Fi atau Geronimo. Sepeda motor ini berjenis cruiser dengan konfigurasi mesin V silinder kembar.
Jenis mesin ini tergolong baru di Indonesia karena konfigurasi mesin yang paling umum untuk sepeda motor 250cc adalah mesin 1 silinder, 2 silinder segaris, atau mesin 4 silinder segaris terbaru memiliki Kawasaki ZX-25R.

Direktur BMI Steven Kentjana Putra mengatakan Geronimo akan dimulai awal Oktober. Rencananya sepeda motor ini semula akan diungkap di pameran otomotif di Jakarta, namun dibatalkan karena pandemi Covid-19.

“Akan dirilis Oktober mendatang,” kata Steven saat dihubungi, Rabu (9/9).

Tidak hanya mesin yang unik, Geronimo juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh banyak model lain, yaitu desain cruiser. Mesin seperti ini mirip dengan Honda CMX500 Rebel atau Kawasaki Vulcan S dengan perpindahan yang lebih besar.
Mesin V Geronimo menawarkan sensasi yang mirip dengan Moge Harley-Davidson Amerika. Kebisingan mesin juga unik, mengingat karakter mesin V menghasilkan suara knalpot yang lebih keras.

Keunikan lain dari motor ini adalah menggunakan V-belt sebagai pengganti rantai untuk mengalirkan tenaga dari mesin ke roda belakang.
Geronimo dilengkapi dengan mesin injeksi 250 cm³ (SOHC) dan transmisi manual enam kecepatan. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 16,7 hp pada 8.500 rpm dan torsi 17 nm pada 5.500 rpm.
Tapi bedanya kalau Harley ini bermesin gede, kata Steven.

V250 Fi memiliki bodi jongkok dengan dua knalpot multi-tahap berukuran besar di sebelah kanan. Lampu depan berbentuk bulat LED, sedangkan suspensi depan menggunakan peredam kejut terbalik dan ganda di bagian belakang. Kemudian dimensinya, motor ini memiliki panjang 2.200 mm, lebar 885 mm, dan tinggi 1.100 mm.

Keeway V250 Fi.

Steven menambahkan, Geronimo bukanlah nama resmi pabrikan. Ia mengatakan Geronimo adalah nama modifikator lokal Indonesia yang diambil dari nama kepala suku Apache.
“Jadi kalau nama resminya sih Keeway V250 Fi. Tapi kalau mau menyebutnya Geronimo ya oke lah,” ucapnya.
Menurutnya, sepeda motor ini akan dirakit di lokasi pabrik Benelli Indonesia. Sementara harga jualnya di atas Rp50 juta, tapi tidak sampai Rp60 juta.
Sebelum Keeway V250 Fi, jenis sepeda motor yang dijual di dalam negeri ini adalah Emperor Ruby V250.

Kata Kunci Popularbenelli V250 FI Geronimo ,keeway,keeway 250 v twin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *