Penyebab Susah Kecilkan Perut Buncit Meski Sudah Rutin Olahraga

Perut yang buncit menjadi momok bagi semua orang, baik wanita maupun pria. Menghilangkan lemak perut bukan hanya soal penampilan, tapi juga baik untuk kesehatan Anda.

Perut yangbuncit membuat Anda berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes. Ini bahkan bisa menjadi tanda tekanan darah tinggi dan jenis kanker tertentu. Namun, sulit untuk mengunci lemak perut. Butuh komitmen dan ketekunan untuk mengecilkan perut Anda.

Meski sudah lama menghabiskan waktu untuk berolahraga dan diet selama berbulan-bulan, lemak nakal di perut tetap tidak kunjung hilang? Dilansir Eat This Rabu 9 September 2020 ada beberapa alasan di balik sulitnya mengurangi perut buncit dan cara mengatasinya.

BACA JUGA  Referensi 7 Jenis Tanaman Hias Kaktus yang Tidak Berduri

1. Kurang konsumsi makanan berserat

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus makan makanan berserat. Selain menghilangkan rasa lapar, serat juga baik untuk kesehatan dan menghilangkan lemak perut yang membandel.
Serat larut ini terdapat pada batang tanaman hijau, almond, oat, brokoli, wortel, dan berbagai macam buah-buahan. Makan setidaknya dua apel kecil atau setengah cangkir kacang pinto setiap hari. Anda juga bisa mencampurkan kacang dengan hampir semua makanan.

2. Suka minuman manis

BACA JUGA  Waspada Covid-19, Ini Cara Aman Pesan Makanan di Restoran

Jika Anda suka mengonsumsi minuman manis, kemungkinan besar itulah yang membuat perut kembung sulit untuk disingkirkan. Menurut sebuah studi di jurnal Obesity, soda dan jus yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan ukuran pinggang dan lemak perut.
Jadi, Anda perlu mempertimbangkan pilihan minuman. Biasakan mengonsumsi minuman yang lebih sehat dan rendah gula seperti air mineral atau teh tanpa pemanis.

3. Salah melakukan latihan

Memilih bentuk olahraga yang tepat juga mendukung nutrisi. Untuk meredakan perut kembung, lari jarak jauh atau latihan kardio saja tidak cukup.
Variasi seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan lari cepat adalah olahraga yang paling efektif. Menurut ilmu kedokteran dan sains dalam olahraga dan olahraga, lari cepat telah terbukti membantu orang mengurangi ukuran pinggang dan pinggul.

BACA JUGA  Anda Ingin Jadi Orang Tua Terbaik? Cobalah Terapkan Tips Berikut

Sedangkan olahraga dengan intensitas tinggi dapat mengurangi lemak perut lebih banyak daripada olahraga dengan intensitas rendah. Anda perlu memahami latihan intensitas tinggi ini dan menemukan berbagai macam latihan yang cocok agar latihan tersebut lebih bermanfaat bagi tubuh.

4. Hindari makanan olahan

Seiring bertambahnya usia, metabolisme setiap orang bergerak lebih lambat, sehingga sulit untuk menjaga perut tetap rata. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap makanan olahan yang mengandung gula dan garam karena tubuh Anda cenderung menyimpan kalori tersebut sebagai lemak.
Makanan olahan juga bisa menyebabkan peradangan, yang membuat tubuh sulit membuang lemak perut yang tidak diinginkan. Pilih makanan yang sehat dan bersih agar metabolisme Anda tetap lancar.

BACA JUGA  Simak Tips Gowes Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi

5. Makan jenis daging merah yang salah

Potongan daging merah yang salah bisa menambah lemak perut dan memperbesar ukuran pinggang. Hindari potongan daging berlemak seperti rib eye, T-bone, dan New York Strip.
Sebaliknya, pilih daging tanpa lemak, steak sirloin yang diberi makan rumput, daging bulat atas atau steak rib eye. Pilihan daging ini rendah lemak tetapi tinggi asam lemak omega-3, yang menyehatkan jantung dan mengurangi peradangan yang menyebabkan pembesaran pinggang.

BACA JUGA  Orang yang Wajib Membayar Fidyah dan Jumlah yang Dibayarkan

6. Tidur yang cukup dan atasi stres

Jika Anda bisa membaca dan menulis setelah tengah malam, Anda sering makan di luar jadwal. Jika penyebabnya adalah insomnia, itu juga yang menyebabkan perut Anda sulit rata. Insomnia menyebabkan tubuh mengalami stres, yang membuatnya ingin makan lebih banyak

Tidur yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko penambahan berat badan. Sedangkan stres dapat menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi kortisol yang disebut juga dengan hormon stres. Pelepasan hormon stres dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

BACA JUGA  5 Cara Mengobati Kulit Terbakar Paparan Sinar Matahari Secara Alami

Lakukan aktivitas menyenangkan untuk mengelola stres. Melakukan hobi, berlatih yoga, atau bermeditasi bisa menjadi cara efektif untuk mengelola stres sekaligus mengurangi lemak perut.

Leave a Comment