Produsen Smartphone China Mayoritas Pengguna Panel Layar OLED

Dibandingkan LCD, produsen smartphone semakin mengandalkan tampilan panel OLED. Panel ini berkembang sangat cepat sehingga dapat mengungguli teknologi lainnya.
Laporan dari UBI Research baru-baru ini yang dilansir dari Gizmochina menemukan bahwa China menjadi pembeli terbesar panel OLED untuk smartphone pada kuartal kedua tahun ini dengan nilai 52,5% dari total volume.

Sebagai perbandingan, volume Korea Selatan pada kuartal kedua tahun ini adalah 35%. Di Amerika Serikat, dia berhasil mencapai 8,3% dari volume itu. Secara total, perusahaan di China telah membeli sekitar 30,4 juta unit panel OLED.

Ini adalah perkembangan yang tidak terduga mengingat Samsung Electronics biasanya membeli sebagian besar panel OLED. Mereka selalu berada di urutan teratas dan ini adalah pertama kalinya perusahaan China membeli lebih banyak panel dalam seperempat.

Perusahaan China ini, termasuk Huawei, adalah perusahaan paling terkenal yang menggunakan panel OLED untuk smartphone mereka dengan persentase 53,4%. Diikuti oleh Oppo 18,6%, Vivo 14,8%, dan Xiaomi 8,3%.

Namun, ini bukan hal yang hanya sekali dilakukan oleh perusahaan China. Laporan tersebut menambahkan bahwa pembuat panel OLED yang berbasis di China akan terus meningkatkan volume produksinya ke depan.

Ini akan menarik mengingat Huawei telah mengurangi produksi smartphone secara signifikan menjadi hanya 50 juta unit untuk tahun depan.

Dibandingkan dengan panel LCD, panel OLED lebih disukai karena desainnya yang tipis dan ringan serta menawarkan warna yang lebih baik. Faktor kunci lainnya adalah OLED memungkinkan bentuk desain yang fleksibel dan memungkinkan produsen untuk mendorong desain inovatif.

Seiring dengan semakin banyaknya merek smartphone populer seperti Samsung, Huawei dan Apple, OPPO, Vivo, Xiaomi dan lainnya yang menggunakan panel OLED untuk smartphone mereka. Oleh karena itu, industri manufaktur layar bersiap untuk memperluas kapasitas AMOLED untuk OLED yang kaku dan fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *