Susisdi gaji

Besok Pemerintah Salurkan BLT Pekerja Gelombang Ke 3

Bantuan sebesar Rp 600 ribu / bulan akan diberikan kepada 3,5 juta rekening peserta yang tergabung dalam batch atau gelombang 3. Tujuannya agar dana bisa ditransfer paling lambat Jumat atau 11 September 2020.
Departemen Tenaga Kerja menerima 3,5 juta informasi rekening peserta dari BPJS Ketenagakerjaan untuk diproses pada Selasa, 8 September.

Ya kalau juklak (juklak) dan juknis (juknis) punya waktu 4 hari untuk menyiapkan checklist. Jadi kalau dihitung 4 hari (sejak) kemarin berarti jumat (ditransfer), kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di ruang kerjanya, Rabu. (09.09.2020).

Prosesnya, selanjutnya, data tersebut akan ditelaah oleh Departemen Tenaga Kerja lalu diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). KPPN tersebut diserahkan kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

KPPN akan mengirimkan langsung ke Bank Himbara, dan Bank Himbara akan mengirimkannya langsung ke rekening penerima, tambahnya.

Bantuan langsung tersebut akan ditransfer untuk 2 bulan yaitu Rp 1,2 juta untuk periode September hingga Oktober. Selanjutnya akan ada lagi pengalihan subsidi gaji untuk periode November-Desember yang juga sebesar Rp. 1.2 juta.

Program ini akan berlanjut hingga 2021. Sekretaris Tenaga Kerja Ida Fauziyah tak bisa bicara banyak tentang itu. Menurutnya, hal tersebut harus diperhitungkan berdasarkan hasil evaluasi program yang berjalan tahun ini.
Nanti kita bicarakan lagi setelah kita evaluasi semua program pada 2020, ujarnya.

Meskipun program ini berada di Departemen Tenaga Kerja, namun keputusan Program bantuan subsidi gaji ada di tingkat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).
Program ini ada bersama kami, tapi keputusan ada di tim PEN, ucapnya.

Jika program ini benar, maka akan berlanjut hingga tahun depan, kata Ida. Dari Departemen Tenaga Kerja, tidak ada masalah dengan pelaksanaannya.
Tidak ada masalah, kita lihat nanti. Makanya kita diinisiasi sebagai KPA (kuasa pengguna anggaran) dalam program ini untuk dibahas di PEN, imbuh Ida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *