Cara Aman Berbelanja Di Online Shop Agar Tak Tertipu

Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, ditipu oleh toko online saat mencoba membeli piyama secara online. Agar tidak terkecoh seperti Kaesang, ada berbagai tips belanja online yang aman.
Belanja online adalah pilihan cerdas di tengah pandemi Coid-19. Di sisi lain, belanja online membuat kita tidak bisa melihat penjual secara langsung dan menyentuh produk yang diinginkan. Karenanya, Anda perlu lebih waspada dan berhati-hati sebelum melakukan transaksi online apa pun.

Berikut tips melakukan pembelian online yang aman dan tidak akan tertipu.

1. Lihat review toko
Sebelum memutuskan untuk berbelanja online, periksa dulu kredibilitas toko tersebut. Lihatlah review orang-orang yang melakukan pembelian di toko online. Hal tersebut terlihat dari store rating, kolom rating, dan kolom komentar di media sosial. Carilah referensi sebanyak mungkin sebelum berbelanja di toko.

2. Periksa harga
Cek juga harga yang ditawarkan oleh toko online. Selalu curiga dengan toko yang menawarkan harga murah yang jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harga terlalu murah, ada kemungkinan produk tersebut palsu atau tidak original.

3. Pilih toko yang direkomendasikan
Pilih toko online yang sudah direkomendasikan orang lain seperti teman atau dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dan lainnya menawarkan label toko yang direkomendasikan atau toko bintang untuk penjual. Toko-toko ini umumnya dapat dipercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap.

4. Chat dengan penjual
Jangan ragu untuk bertanya ke toko online dengan mengirimkan pesan atau chat. Lihat jawaban penjualnya. Tanyakan detailnya agar lebih aman berbelanja di toko.

5. Pilih metode pengiriman COD
Jika masih belum yakin, pilih metode pembayaran cash on delivery. Metode ini memungkinkan Anda membayar produk setelah diterima . Kalau mau beli bisa bayar uang ke kurir. Jika tidak, kurir akan mengirimkan barang kembali ke penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *