Perbedaan Spesikfikasi Toyota Yaris Di Indonesia Dengan Di Jepang

Toyota Yaris yang dihadirkan di Indonesia pada Selasa (9/8) ini merupakan pengembangan desain untuk pasar Asia dan bukan model khusus yang ditawarkan di Eropa, Jepang dan Australia. Sejauh ini, tidak mungkin Yaris dalam negeri akan mengikuti desain untuk pasar di luar Asia.

Yaris untuk Eropa, Jepang dan Australia dikembangkan menggunakan platform TNGA B (Toyota New Global Architecture). Model yang telah tersedia di Jepang sejak Oktober 2019 ini menawarkan berbagai mesin hybrid dengan 1.000, 1.500 dan 1.500 cc. Toyota merancang versi performa model ini dengan nama GR Yaris. Pilihan mesin untuk GR Yaris adalah 1.600cc turbo.

Yaris sekarang menggunakan platform yang sama untuk Asia seperti di Indonesia dan Thailand dengan limusin Vios atau Yaris. Model ini telah dijual bermesin 1.500 cc di Indonesia dan bermesin 1.200 cc di Thailand sejak Maret 2014.

Versi facelift kedua Yaris for Indonesia dirilis pada Selasa (8/9). Tidak ada perubahan mesin, tetapi radius belok dikurangi dari 5,7 m menjadi 5,1 m, gril dan bumper baru yang menghilangkan senyum joker dan sistem hiburan baru.

Menurut Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor Anton Jimmi, desain Yaris untuk Indonesia saat ini menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Yaris dan Vios merupakan mobil produksi Toyota di Indonesia, tepatnya di pabrik Karawang di Jawa Barat.

Toyota Yaris berbasis Mazda2 dijual di Amerika Serikat. Toyota Yaris berbasis Mazda2 dijual di Amerika Serikat. (toyota.com)
Ada perbedaan di dunia, ada perbedaan antara Jepang dan Indonesia. Prinsipnya kita menyesuaikan dengan kebutuhan Yaris saat ini. Di Jepang data teknis, ukuran fitur dan mesinnya berbeda dengan di Indonesia,” kata Anton.

Untuk saat ini kami masih merasa model yang ada saat ini adalah Yaris yang sesuai dengan kebutuhan kami di Indonesia, Thailand, dan negara lain dibandingkan Jepang, ujarnya.
Selain versi Jepang dan Indonesia, ada juga desain Yaris untuk pasar AS. Di AS, Yaris dikembangkan dengan platform Mazda2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *