Ungkap Fakta Bahwa Olahraga Mampu Redakan Stres Di Masa Pandemi

Olahraga dalam hampir semua bentuk bisa menjadi pereda stres yang bagus. Menjadi aktif dapat meningkatkan endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih baik tentang suasana hati Anda dan bahkan mengalihkan Anda dari kekhawatiran.

Hampir semua jenis olahraga, dari aerobik hingga yoga, dapat menghilangkan stres. Jika Anda bukan seorang atlet atau penyuka olahraga, Anda tetap dapat melakukan olahraga minimal untuk membantu manajemen stres.

Olahraga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, yang membantu memberi energi pada langkah Anda setiap hari. Tetapi olahraga juga memiliki beberapa manfaat pereda stres langsung.

BACA JUGA  Mandi Dengan Air Dingin Lebih Dianjurkan Setelah Berolahraga

Lalu apa hubungan antara olahraga dan stres? Pada Hari Olahraga Nasional atau HAORNAS, simak fakta-fakta berikut tentang hubungan olahraga dan stres yang dikutip di laman Mayo Clinic pada Rabu 9 September 2020.

1. Merangsang endorfin

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmiter yang menciptakan perasaan sejahtera di otak yang disebut endorfin. Meskipun fitur ini sering disebut sebagai runner’s high, aktivitas aerobik apa pun seperti tenis atau hiking dapat menimbulkan perasaan yang sama.
Ini akan mengurangi efek negatif stres. Olahraga dapat mengurangi stres pada tubuh Anda sambil meniru efek stres, seperti: Misalnya, respons lari atau lawan, dan tubuh serta sistem Anda membantu bekerja sama melalui efek ini.
Ini juga dapat memiliki efek menguntungkan pada tubuh Anda, termasuk sistem kardiovaskular, pencernaan, dan kekebalan dengan melindungi tubuh Anda dari efek stres yang berbahaya.

BACA JUGA  Apa Itu Bipolar, Makanan Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderitanya?

2. Meditasi dalam gerakan

Setelah permainan raket yang cepat, jalan-jalan atau lari, atau beberapa putaran di kolam renang, Anda mungkin lupa tentang masalah hari itu dan fokus pada gerakan tubuh.
Saat Anda mulai secara teratur meredakan ketegangan melalui olahraga dan aktivitas fisik, Anda mungkin menemukan bahwa berfokus pada satu tugas itu serta energi dan optimisme yang menyertainya dapat membantu Anda tetap tenang, jernih, dan fokus dalam segala hal yang Anda lakukan. berpikir.

BACA JUGA  Putih Telur Dapat Tingkatkan Imunitas Penderita Penyakit Penyerta

3. Memperbaiki mood

Olahraga teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki mood, membantu tubuh rileks, serta mengurangi gejala depresi dan kecemasan ringan. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, yang seringkali dipengaruhi oleh stres, depresi, dan kecemasan.

Semua manfaat olahraga dapat mengurangi stres dan memberi Anda rasa kendali atas tubuh dan kehidupan Anda.

Leave a Comment