India Blokir Game PUBG Mobile Imbas Perselisihan Dengan China

PUBG Corporation, anak perusahaan dari perusahaan video game asal Korea Selatan (Korsel), Bluehole, sudah buka suara soal nasib PUBG Mobile di India.
Melalui pernyataan di blog, perusahaan mengungkapkan bahwa Tencent Games tidak lagi memiliki hak untuk menerbitkan game tersebut di India.

Hal tersebut diberitakan dan diumumkan oleh Reuters pada Selasa (9/8/2020) setelah India memblokir PUBG Mobile bersama ratusan aplikasi China lainnya selama hampir seminggu.
Pemblokiran ini bertujuan untuk meningkatkan tekanan pada pemerintah China terkait perseteruan perbatasan antara kedua negara.

BACA JUGA  Hari Ini Google Doodle Berulang Tahun Yang Ke-22

Kedepannya, PUBG Corporation akan bertanggung jawab penuh untuk menerbitkan game PUBG Mobile di negara (India),” tulis perusahaan tersebut.
Meski begitu, PUBG Corporation mengatakan sedang mencari cara untuk menghadirkan pengalaman bermain game bagi pengguna India di masa depan.
Sementara itu, Tencent, penerbit PUBG di India, belum menanggapi pengumuman tersebut.

Pemerintah India memblokir 118 aplikasi seluler awal bulan ini, terutama yang dibuat di China, termasuk PUBG. Langkah tersebut menempatkan perusahaan teknologi China di bawah tekanan lebih lanjut setelah perselisihan antara India dan negara di wilayah perbatasan.

BACA JUGA  Perkiraan Harga Iphone SE Yang Akan Dirilis Oktober Di Indonesia

Selain PUGB, ratusan aplikasi lain yang diblokir termasuk Baidu dan ShareSave Xiaomi.
Blokade diumumkan sehari setelah seorang pejabat India mengumumkan pasukan ditempatkan di empat bukit strategis, tak lama setelah apa yang digambarkan India sebagai upaya serangan China di sepanjang perbatasan Himalaya yang kontroversial.

Sementara itu, kementerian teknologi India mengatakan ratusan pengajuan ini mengancam kedaulatan dan keamanan India.
Aplikasi-aplikasi ini secara diam-diam mengumpulkan dan membagikan data serta membahayakan data pribadi dan informasi pengguna, yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi keamanan nasional,” kata juru bicara kementerian dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA  Xbox Series X Diluncurkan November Nanti Simak Spefikasi Dan Harga

Pemblokiran ini merupakan pukulan bagi Tencent di India. Pasalnya, PUBG merupakan game yang sangat populer di India.
Menurut SensorTower, India menempati urutan pertama dalam hal jumlah unduhan PUBG dengan sekitar 175 juta penginstalan, atau 24 persen dari total.

Leave a Comment