Tips Agar Kulit Wajah Tidak Dehidrasi Dan Kering

Kulit wajah cenderung mengering. Kulit wajah langsung bereaksi saat dehidrasi. Berikut cara mencegah kulit wajah mengalami dehidrasi.
Dehidrasi kulit adalah kondisi kekurangan cairan pada lapisan kulit yang mengakibatkan kulit kering, menggumpal, dan kencang atau kendor.

Dokter kulit Litya Ayu Kanya Anindya menjelaskan, dehidrasi kulit terjadi karena beberapa alasan. Mulai dari penuaan, radiasi UV, polusi udara hingga stres. Dehidrasi pada kulit juga bisa disebabkan oleh kurang tidur dan kurang alkohol. Menggunakan perawatan kulit yang salah juga dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit.

BACA JUGA  Mengapa Orang Tua Harus Bacakan Cerita Hingga Anak Masuk TK?

Dehidrasi pada kulit di wajah bisa menyebabkan munculnya kerutan karena kurangnya volume kulit.
Efeknya adalah kerutan halus atau garis halus, elastisitas kurang, kekakuan dan volume kurang, yang ditandai dengan kulit kendur, ujar Litya saat peluncuran L’oreal Hyaluronic Acid Serum beberapa waktu lalu.

Dehidrasi dan efeknya pada kulit bisa dicegah. Bagaimana mencegah kulit mengering.

1. Minum air yang cukup
Asupan cairan dari air jernih penting untuk menjaga kelembaban kulit. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Dianjurkan agar setiap orang dewasa mengonsumsi 2 liter air sehari.

BACA JUGA  Tips Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Mencuci Tangan

2. Hindari paparan sinar matahari
Radiasi UV adalah penyebab dehidrasi pada kulit. Hindari paparan sinar matahari yang lama untuk menghindari dehidrasi pada kulit.

3. Jangan gunakan air panas
Mencuci wajah dengan air panas bisa mengeringkan kulit.

“Gunakan suhu air keran normal,” kata Litya, spesialis kulit dan genital.

4. Gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen
Gunakan pembersih wajah lembut yang tidak mengandung deterjen. Bahan kimia yang kuat seperti deterjen dapat menyerap air dan mengeringkan kulit.

BACA JUGA  Tips Memilih Dan Merawat Ikan Hias Bagi Pemula

5. Serum dan pelembab
Gunakan produk perawatan wajah yang dapat menahan air di kulit untuk membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Produk seperti serum dan pelembab bisa digunakan setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pilih serum dan pelembab yang menahan air di kulit, seperti hyaluronic acid dan aloe vera.

Leave a Comment