Beberapa Kegiatan Yang Bisa Picu Penularan Corona Klaster Keluarga

Jumlah infeksi korona pada keluarga atau cluster keluarga belakangan ini semakin meningkat. Cluster keluarga Corona bahkan menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo menangani COVID-19.
Di cluster keluarga kita harus hati-hati karena pulang agar merasa aman. Dalam perjalanan ke kantor kita juga merasa aman sehingga lupa berada di kantor rekam kesehatan,” kata Presiden Jokowi dalam rapat kabinet paripurna. untuk menangani. Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi 2021, Senin (7/9/2020).

Dr. Erlang Samoedro SpP (K), dokter spesialis paru sekaligus pengurus Persatuan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), menyatakan banyak klaster keluarga bermunculan karena sayangnya banyak orang sudah mulai pindah, jadi kadang saya tidak sadar bahwa saya membawa virus ke dalam sehingga dapat menginfeksi anggota keluarga lainnya.

BACA JUGA  Cara Aman Minum Kopi Di Pagi Hari Tanpa Takut Asam Lambung Naik

Misalnya, bapak ibu bekerja atau berpergian dimana mereka membawa (virus korona) ke dalam keluarga dan ada penularannya,” kata dr. Erlang dalam jumpa pers di Youtube BNPB, Senin (7/9/2020).
Ada beberapa aktivitas yang diyakini bisa memicu terjadinya gugus korona di dalam keluarga. Berikut ini dikumpulkan oleh Pandemic Talks.

Anak-anak bermain bersama di lingkungan rumah tanpa protokol kesehatan yang ketat. Perlu ditekankan bahwa anak dapat berperan sebagai pembawa atau pembawa virus. Kelompok anak-anak ini juga rentan mengalami gejala COVID-19 yang parah.

BACA JUGA  Wow! Janda Bolong Dijual Hingga Rp 100 Jutaan Perbatang

Pertemuan komunitas seperti arisan, hajatan, kegiatan keagamaan, penyuluhan, atau olah raga bersama.
Liburan atau piknik di area berisiko atau zona merah COVID-19.

Untuk mencegah perluasan cluster keluarga, warga diminta sebisa mungkin betah di rumah untuk meminimalisir terjadinya penularan corona. Jika terpaksa keluar rumah, ingatlah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Langkah ini sangat efektif mencegah penularan virus corona.

Jika Anda curiga Anda akan terpapar, segera isolasi di rumah. Tunda agenda jalan-jalan dan piknik terutama ke luar kota, demi kemaslahatan dan keselamatan diri dan keluarga.

BACA JUGA  Berbelanja Online Jadi Lifestyle Baru Disaat Pandemi Covid-19

Leave a Comment