Cara Mudah Dan Sederhana Bersihkan Jamur Pada Kaca Mobil

Jarak dan jarak pandang merupakan elemen penting dalam mengendarai mobil. Untuk itu kebersihan kaca depan menjadi sangat penting agar pengemudi tidak mengalami gangguan penglihatan yang berujung pada kecelakaan.

Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi visibilitas kaca depan adalah jamur. Ini bisa dihindari jika mobil dibersihkan secara teratur. Namun, jika sudah berjamur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar mudah dibersihkan.

Dikutip dari situs resmi Auto2000, ada tiga item yang bisa digunakan untuk membersihkan jamur dari kaca mobil. Apa itu dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Glass cleaner
Seperti namanya, ini adalah produk pembersih kaca. Produk ini adalah cairan kental dan kental yang dapat membersihkan sekaligus memberikan hasil akhir yang berkilau. Pembersih kaca yang baik dapat menghilangkan minyak dan jamur yang bersarang di pori-pori kaca.

2. Pembersih kaca akuarium

Produk ini juga berbentuk cair namun lebih tipis dan lebih mudah diaplikasikan pada permukaan kaca mobil. Namun, karena fungsi utamanya bukan untuk mobil, penggunaannya tidak bisa sembarangan.
Segera setelah membersihkan kaca depan dengan cairan ini, segera bilas kaca depan dengan air. Karena jika dibiarkan lama dan sudah mengering, meninggalkan noda. Perlu juga diperhatikan bahwa cairan ini memiliki efek gatal jika terkena kulit manusia. Sebaiknya gunakan pelindung diri seperti sarung tangan dan bagian tubuh lainnya jika perlu.

3. Pasta gigi dan alkohol

Ini adalah barang yang sedikit lebih mudah ditemukan di rumah. Pasta gigi yang dicampur alkohol bisa menjadi bahan alternatif untuk menghilangkan jamur dari kaca depan mobil. Namun, perlu diketahui bahwa hasil akhirnya tidak akan seoptimal ini bukan produk pembersih kaca khusus. Karena ramuan ini memiliki tingkat penguapan yang tinggi dan sangat cepat mengering sehingga membuat proses pembersihan menjadi lebih lama.

Gunakan alkohol 50 hingga 90 persen dengan pasta gigi non-gel, yang biasanya berwarna putih. Jika kaca depan terdapat noda air dan jamur, Anda bisa langsung menggabungkan keduanya untuk menghilangkan noda. Pertama, bersihkan gelas dengan alkohol, kemudian gunakan pasta gigi di tempat yang jamur sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol dan gosok untuk menghilangkan jamur dari kaca depan.

Selain itu, pastikan juga alkohol tidak mengenai permukaan cat body karena dapat merusaknya. Untuk jamur yang sulit dibersihkan cukup sikat area tersebut secara merata dengan pasta gigi dan tunggu hingga kering. Butiran lembut dalam pasta gigi dapat menghilangkan jamur yang membandel. Setelah pasta gigi mengering, bilas dengan air sambil digosok dengan kain lembut. Bilas lagi dengan air dan pastikan permukaan kaca sudah bebas dari pasta gigi. Lanjutkan mengeringkan dengan kain mikrofiber agar tidak ada lagi air yang tersisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *