Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Masuk ke Indonesia

Hampir 300 pengungsi Rohingya tiba pada Senin pagi (07/09) di perairan Aceh, tepatnya di pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhoksumawe. Mereka mengaku telah terombang ambing di laut setidaknya selama enam bulan.

Menurut mereka, sudah tujuh bulan berada di laut,” dikutip staf UNHCR Lhoksumawe, Oktina, dikutip kantor berita AFP.

Komandan Korem Banda Sakti 16, Kapten Roni Mahendra mengatakan, kapal yang membawa pengungsi Rohingya sempat terlihat oleh nelayan setempat pada Minggu malam (6/9) beberapa kilometer di lepas pantai Ujong Blang sebelumnya. akhirnya bersandar pada Senin (07/09) dini hari.

Saat tiba, para pengungsi dikatakan telah segera bubar, kabur dari kapal dan memasuki desa dalam tiga kelompok besar. Kami membujuk mereka dan meminta bantuan warga untuk menjemput mereka, kata Roni.

Satu dari 102 laki-laki, 181 perempuan dan 14 anak sakit dan akan dilarikan ke rumah sakit setempat untuk perawatan, tambahnya.
Dilaporkan bahwa 30 orang tewas dalam perjalanan dan dibuang ke laut.

Sementara itu, Kepala Palang Merah Kota Lhoksumawe Junaidi Yahya mengatakan para pengungsi saat ini sedang dievakuasi ke tempat penampungan darurat di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Lhoksumawe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *