Mengetahui Fungsi Spoiler Yang Tidak Hanya Sebagai Aksesories

Spoiler yang menempel di bagian belakang mobil tidak hanya digunakan untuk styling. Kehadiran komponen ini memiliki fungsi yang mempengaruhi aerodinamika mobil.
Untuk model sedan, biasanya dipasang di ujung pintu bagasi, sedangkan hatchback berada di ujung atap belakang.

Spoiler sebenarnya merupakan komponen yang sangat erat kaitannya dengan kendali kendaraan, terutama pada kecepatan tinggi.
Spoiler yang diluncurkan oleh Carbiketech adalah perangkat aerodinamis yang dirancang untuk mengurangi hambatan saat mobil melaju kencang.

Pabrikan awalnya mengembangkan spoiler belakang untuk balap. Dengan perkembangan teknologi, spoiler telah menjadi aksesori populer untuk mobil berperforma tinggi. Fungsinya bisa dirasakan saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Fungsi spoiler juga tergantung di mana komponen ini dipasang, meski memiliki tujuan yang sama yaitu mengurangi efek turbulensi aliran udara.
Pabrikan juga menggunakan alat ini untuk meningkatkan tekanan ke bawah pada mobil dan mengurangi gaya angkat akibat kecepatan tinggi.

Artinya penggunaan spoiler berpengaruh pada tekanan ke bawah, sehingga traksi ban mobil di aspal menjadi lebih sempurna pada kecepatan tinggi.
Pemasangan spoiler pada kendaraan harus dibandingkan dengan spoiler depan dan samping.

Spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak menentu dan terkadang mengubah arah mobil saat melaju kencang. Spoiler depan biasanya ada di bumper, sedangkan spoiler samping ada di kiri dan kanan di bagian bawah pintu.

Penting untuk dipahami bahwa penggunaannya membutuhkan perhitungan yang cermat, menyesuaikan dimensi mobil dan lain-lain.
Jangan hanya menggunakan spoiler aftermarket. Kegagalan sembarangan memasang spoiler menjadi beban tersendiri bagi mobil, sehingga konsumsi bahan bakar lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *