Seorang Petugas Polisi Tewas Ditusuk Oleh Pelaku Radikalisme

Pejabat keamanan di Tunisia mengatakan satu petugas polisi tewas dan satu lagi cedera dalam serangan penikaman di resor pantai Sousse.
Tiga penyerang tewas tertembak usai insiden yang disebut-sebut sebagai serangan teroris, seperti dilansir situs BBC, Senin (9/7/2020).

Pada 2015, Sousse menjadi lokasi salah satu serangan terburuk Tunisia ketika 38 orang, kebanyakan dari mereka turis Inggris, dibunuh oleh seorang pria bersenjata.
Insiden terbaru terjadi dua hari setelah pemerintahan baru dilantik. Para tersangka militan menabrakkan kendaraan mereka ke pos pemeriksaan Garda Nasional di persimpangan dekat pelabuhan kota.

Sebuah patroli dua perwira Garda Nasional diserang dengan pisau di pusat Sousse,” kata juru bicara Garda Nasional Houcem Eddine Jebabli, kantor berita AFP.
Satu meninggal dan lainnya luka-luka serta dirawat di rumah sakit,” katanya.

“Ini adalah serangan teroris”.

Para penusuk mencuri senjata dan kendaraan polisi selama serangan itu sebelum mereka melarikan diri, kata Jebabli.
Aparat keamanan mengejar mereka melalui kawasan wisata El Kantaoui, Tunisia.
Tiga teroris tewas dalam baku tembak, katanya, menambahkan bahwa dua senjata dan sebuah mobil ditemukan.

Serangan di lokasi serupa

Tidak jelas apakah para penyerang itu terkait dengan kelompok ekstremis tertentu, tetapi ancaman yang lebih besar di Tunisia dalam beberapa tahun terakhir datang dari tindakan ekstremis yang kembali dari Suriah, Libya, dan Irak.

38 orang tewas ketika seorang pria bersenjata menembaki seorang turis yang sedang menginap di El Kantaoui pada Juni 2015.
Tiga puluh dari mereka yang terbunuh adalah turis Inggris yang menginap di Rui Imperial Marhaba Hotel.

ISI mengatakan pihaknya berada di balik penyerangan terhadap mahasiswa Tunisia Seifeddine Rezgui. Situasi di Tunisia telah meningkat secara signifikan sejak saat itu, meskipun dalam keadaan darurat.

Sejak 2015, pemerintah berturut-turut telah mengubah strategi kontra-terorisme mereka untuk lebih fokus pada pencegahan daripada tanggapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *