Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kantung Mata

Adanya kantung di bawah mata atau lingkaran hitam di sekitar mata kerap membuat penampilan tampak tirus. Kantong di bawah mata bukan hanya tentang begadang, ini juga tentang mengonsumsi makanan yang kaya garam, faktor genetik.

Menurut Rachel Nazarian, seorang dokter kulit dari Schweiger Dermatology Group, kantung di bawah mata bisa disebabkan oleh sirkulasi getah bening yang buruk atau faktor nutrisi, termasuk konsumsi makanan tinggi garam yang menarik air ke jaringan kulit.

Namun, ada faktor genetik yang menyebabkan kulit melemah dan kantung mata yang sayangnya memburuk seiring bertambahnya usia, kata Nazarian mengutip Cosmopolitan.
Sebelum Anda memutuskan perawatan di klinik, Anda dapat mencoba opsi berikut:

1. Kompres air dingin
Kompres dingin bisa membantu mengurangi munculnya kantung di bawah mata. Sebaiknya siapkan kain yang dibasahi air dingin atau air es. Kemudian tekan dengan lembut di bagian bawah mata. Anda dapat mengoleskan kompres setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk perawatan wajah apa pun. Kompres dingin seperti mentimun di spa membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kantong di bawah mata, jelas dokter kulit Mona Gohara.

2. Tidur dalam posisi berbaring
Cobalah untuk tidur telentang. Kedengarannya aneh, tapi Gohara mengatakan posisi berbaring mencegah cairan menumpuk di mata. Artinya, saat Anda bangun keesokan harinya, mata Anda tidak akan bengkak atau berkantong. Namun, jika posisi ini tidak nyaman bagi Anda, pastikan menggunakan bahan katun atau sarung bantal lembut lainnya untuk mengurangi gesekan.

3. Kurangi makanan asin
Gohara juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan asin atau asin. Juga, kurangi konsumsi alkohol Anda. Keduanya bisa memicu penumpukan cairan, sehingga kantung di bawah mata menjadi lebih besar. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh makan keduanya, tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah sedang atau tidak terlalu sering.

4. Meditasi
Apa hubungan meditasi dengan kantung di bawah mata? Ternyata semakin stres Anda, semakin terlihat kantong di bawah mata Anda. Menurut Gohara, hormon kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres juga terlibat dalam pembentukan kantong di bawah mata. Produksi hormon meningkat saat Anda stres dan cemas.
Meditasi bisa membantu Anda meredakan stres sehingga produksi hormon kortisol bisa melambat. Selain meditasi, Anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti yoga, jalan kaki, berjemur pagi atau teh hangat.

5. Krim mata
Saat ini sudah banyak produk perawatan wajah yang beredar khusus untuk area sekitar mata. Krim mata atau krim mata bisa membantu Anda mengatasi kantung di bawah mata Anda. Shereene Idriss, dokter kulit di Union Square Laser Dermatology, mengatakan Anda harus memilih krim mata yang mengandung vitamin C, teh hijau, atau lidah buaya dan kafein.
Kandungan vitamin C bermanfaat untuk pendidikan. Teh hijau atau lidah buaya untuk menenangkan dan menenangkan kulit dan kafein untuk mengencangkan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *