Manfaat Herbal Daun Pandan Untuk Atasi Asam Urat Dan Diabetes

Daun pandan memiliki aroma yang khas dan sering ditambahkan ke dalam masakan sebagai penyedap rasa. Yang paling populer adalah pandan digunakan sebagai penambah rasa berbagai kue hingga pemanis gula untuk minuman.

Penambahan daun pandan membuat aromanya semakin harum. Selain itu, ternyata daun pandan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa meredakan sakit asam urat dan rematik. Benarkah Mitos atau fakta?

Fakta, Karena daun pandan mengandung senyawa yang bersifat antioksidan dan menghambat enzim xantin oksidase, maka dapat menurunkan kadar asam urat,” kata herbalis Dr. Inggrid Tania, M.Si.

BACA JUGA  Berikut ini Skema Perincian Pemberian Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Selain itu, masih banyak mitos dan fakta lain seputar daun pandan. Perhatikan terus hingga akhir artikel karena daun pandan juga memiliki khasiat analgesik yang dapat membantu mengatasi rematik.

Baca juga: Berikut Ini 12 Manfaat Rebusan Daun Binahong Untuk Kesehatan

Menurut Dokter Inggrid, daun pandan juga bersifat analgesik atau pereda nyeri, serta anti inflamasi, sehingga nyeri yang terjadi akibat peningkatan kadar asam urat dan rematik dapat dikurangi atau diatasi.

Manfaat daun pandan tidak berhenti sampai disitu. Daun wangi ini juga dikenal bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Berikut penjelasan lain dari Dokter Inggrid .

BACA JUGA  Anda Sering Merasa Mengantuk Di Siang Hari? Bisa Jadi Anda Mengidap Hipersomnia

Karena daun pandan mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, termasuk flavonoid. Dapat menurunkan gula darah, termasuk menurunkan kadar gula darah setelah makan, dan meningkatkan sekresi insulin. Dengan demikian, kadar gula darah bisa dinormalisasi dengan menghambat enzim alfa-glukosidase.

Nah, untuk membuat ramuan sakit asam urat dan meredakan diabetes, daun pandan bisa digunakan dengan cara direbus. Pertama, ambil 3 lembar daun pandan yang sudah cukup matang, cuci bersih lalu potong-potong.

Disini saya siapkan 6 lembar daun pandan yang sudah diiris-iris untuk dibuat dua gelas nanti. Kita rebus 4 gelas air, setelah mendidih kita tambahkan daun pandan. Kita masak sampai air tersisa 2 gelas. Jadi sisanya Setengahnya, “katanya.

BACA JUGA  5 Bahan Herbal Yang Dapat Meningkatkan Fokus Dan Produktivitas

Baca juga: Kombinasi Infused Water Yang Sehat Dan Menyegarkan

Setelah itu bisa langsung disajikan dengan mengonsumsi airnya. Untuk tujuan menurunkan atau menstabilkan kadar gula darah, Inggrid menganjurkan untuk tidak menambahkan gula.

Ramuan ini lebih baik dikonsumsi tanpa gula. Sehari bisa diminum 1-2 kali sesuai kebutuhan. Jika untuk meredakan nyeri sendi atau asam urat, kita bisa minum maksimal 3 kali sehari sebelum makan. Bila kita bersama obat dari dokter , beri waktu 2 jam sebelum atau sesudah, sarannya.

BACA JUGA  Berikut Ini 12 Manfaat Rebusan Daun Binahong Untuk Kesehatan

Inggrid mengatakan ramuan ini aman untuk anak-anak dan lansia. Bahkan ibu hamil atau menyusui pun bisa mengonsumsi ramuan ini. Jadi rebusan daun pandan sangat sehat dan aman.

Leave a Comment