Di Butuhkan Pasien Yang Sembuh Dari Corona Untuk Jadi Relawan

Rumah Sakit Hadassah (RS) di Yerusalem dikabarkan mulai mencari bantuan relawan untuk melawan wabah virus corona COVID-19. Relawan yang dicari adalah mereka yang sebelumnya terinfeksi corona namun kini sudah sembuh alias mantan pasien.
Seperti dikutip dari BBC, antibodi yang diproduksi di tubuh relawan harus lebih melindungi mereka dari risiko infeksi. Rumah sakit yakin metode ini akan menjadi yang pertama di dunia.

Ide utamanya adalah mendapatkan relawan dari orang-orang yang sudah sembuh dan memiliki antibodi sehingga bisa keluar masuk ruang perawatan dengan lebih aman, ujar salah satu relawan, Shuki Rock.

Perawat Senior RS Hadassah, Dr. Rely Alon, menjelaskan bahwa para relawan diajari cara-cara sederhana dalam merawat pasien, mulai dari membantu makan hingga berteman hingga bercerita. Relawan juga diawasi oleh para profesional karena hal ini tidak menutup kemungkinan infeksi ulang, meskipun sudah dipastikan bahwa tubuh mengandung antibodi.

Saya memakai alat pelindung diri, sama seperti staf lainnya. Saya hanya punya perlindungan tambahan lainnya, yaitu antibodi, kata Shuki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *