Portugal Menang Telak Lawan Kroasia Walau Tanpa Ronaldo

Portugal mencetak poin pada Matchday 1 Grup 3 Kategori A UEFA Nations League 2019-2020 dengan menggagalkan perlawanan Kroasia. Laga Portugal melawan Kroasia berlangsung pada Sabtu (09.05.2020) waktu setempat atau Minggu pagi WIB di Estadio do Dragao, Porto, Portugal. Portugal menang 4-1 melawan Kroasia tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo yang mengalami cedera jari kaki. Empat gol kemenangan juara bertahan dicetak oleh Joao Cancelo (41 ‘), Diogo Jota (58’), Joao Felix (70 ‘) dan Andre Silva (90 + 5’).

Gol hiburan Kroasia diraih oleh Bruno Petkovic dalam menit 90 + 1. Hasil ini menempatkan Portugal di puncak klasemen Grup 3 dengan tiga poin, sedangkan Kroasia menempati posisi juru kunci. Juara Bertahan Unggul di Babak Pertama Review Pertandingan Portugal tampil di laga ini tanpa superstar Cristiano Ronaldo. Ada kabar bahwa Ronaldo absen karena terkena infeksi di jari kakinya akibat sengatan lebah.

Namun, absennya Ronaldo tidak berdampak nyata pada penampilan timnas Portugal. Mereka tampil agresif dan mendominasi permainan melawan Kroasia. Di babak pertama, Portugal memiliki 58 persen penguasaan bola dan total 15 tembakan. Sang juara menemui jalan buntu untuk sebagian besar babak pertama. Namun, pada menit ke-41 mereka berhasil mencetak gol melalui bek Manchester City Joao Cancelo. Gol ini lahir berkat aksi individu Cancelo. Dia menggiring bola dari kanan dan melewati beberapa pemain Kroasia. S

Saat Cancelo mendekati area penalti lawan, ia menembakkan bola dengan kaki kirinya dan tidak bisa ditahan oleh kiper Kroasia Dominik Livakovic. Gol Cancelo membawa Portugal ke ruang ganti dengan keunggulan 1-0 atas Kroasia. Portugal melanjutkan dominasinya atas Kroasia di babak kedua. Di menit ke-51 mereka punya peluang terbuka melalui Joao Felix. Sayangnya, peluang tersebut tidak membuahkan gol kedua Portugal setelah tendangan Joao Felix diblok oleh bek lawan.

Portugal akhirnya bisa memperpanjang keunggulan di menit ke-58. Diogo Jota yang membuat tuan rumah menjauh dua langkah dari Kroasia. Jota mendapat umpan dari Raphael Guerreiro dan berlari ke sisi kiri lapangan untuk mencapai area penalti. Sesaat kemudian, pemain Wolverhampton Wanderers melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang dan tak mampu dihentikan oleh kiper lawan. Portugal benar-benar tak terbendung.

Di menit ke-70 mereka unggul dengan skor 3-0. Gol ketiga Seleccao das Quinas datang dari tendangan jarak jauh Joao Felix. Menjelang akhir pertandingan, Kroasia mencetak gol penghibur di menit awal perpanjangan waktu (90 + 1 ‘) melalui tendangan Bruno Petkovic. Pertandingan berakhir 3-1, namun posisi ini berubah saat Portugal juga mencetak gol di perpanjangan waktu. Andre Silva (90 + 5 ‘) mencetak gol keempat Portugal. Duel Portugal melawan Kroasia berakhir dengan keunggulan 4: 1 untuk tuan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *