Himbauan Serta Saran Bagi Wisatawan Saat Kunjungi Objek Wisata

Indonesia menyandang predikat sebagai Destinasi Wisata Kelas Dunia dan menjadi magnet wisata. Ada berbagai macam objek wisata di Indonesia mulai dari pesona panorama alam, budaya hingga tempat-tempat yang instagramable. Itulah mengapa liburan # DiIndonesiaAja menjadi jawaban yang ideal agar Anda selalu bisa meluangkan waktu.
Dengan masuknya fase adaptasi suatu kebiasaan baru, aktivitas wisata pun kembali. Beberapa warga kota besar sudah mulai berwisata ke berbagai tempat wisata untuk menyegarkan pikiran.

Beberapa tempat yang sering menjadi tujuan wisata seperti Bandung, akan dikunjungi lagi. Orchid Forest Cikole misalnya, tempat wisata dengan koleksi anggrek yang beragam, sudah ditempati wisatawan sejak dibuka pada akhir Juni lalu.

Kawasan seluas 12 hektar ini memiliki lebih dari 157 jenis anggrek. Bibit anggrek di tempat ini datang ke Peru dari berbagai negara seperti Venezuela, Amerika Serikat.
Bahkan anggrek langka yang sulit ditemukan seperti anggrek hitam, anggrek kantong semar, dan juga jenis Paraphalaenopsis laycocky bisa disaksikan di tempat ini.

Wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan anggreknya saja, tapi juga pepohonan pinus yang indah berjejer dan udara yang sejuk luar biasa. Suhu yang sejuk ini membuat anggrek tumbuh dengan sangat baik.

Sebagai tempat wisata, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keindahan objek wisata tersebut. Memang harus diakui, masih ada wisatawan yang kerap mengabaikan faktor keindahan karena kelakuannya yang tidak bertanggung jawab.

Hal berikut harus dilakukan untuk menjadi traveler yang bertanggung jawab saat berlibur:

Menerapkan protokol kesehatan

Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah hal yang tidak boleh diabaikan.
Tentunya, karena ketiga hal ini adalah kunci utama saat Anda melakukan perjalanan dalam fase penyesuaian kebiasaan baru, Anda tidak boleh memaksakan diri jika kondisi fisik Anda sedang tidak fit, karena menjaga keselamatan diri sendiri adalah kunci untuk menjadi turis yang bertanggung jawab.

Ikuti aturan

Peraturan objek wisata dirancang untuk menciptakan suasana yang nyaman dan terkendali. Jadi jika beberapa orang tidak mematuhi peraturan tersebut, maka akan ada dampak negatif secara keseluruhan. Jangan sampai menjadi pihak yang merugikan tempat wisata karena melanggar aturan.

Bawalah botol air minum Anda sendiri

Meski dianggap sepele, ternyata cukup sulit, dibutuhkan disiplin yang tinggi untuk menjadikan perilaku ini menjadi kebiasaan yang baik. Langkah ini juga jauh lebih ramah lingkungan daripada membeli air minum dalam kemasan.

Buang sampah pada tempatnya

Turis ikut membersihkan sampah yang berserakan di Pantai Kuta di Badung, Bali pada Selasa (1.1.2019). Perayaan malam tahun baru di Pantai Kuta menambah jumlah sampah yang berserakan dan bercampur dengan sampah yang terdampar akibat cuaca.
Inilah masalah utama yang sering dihadapi sebagian besar destinasi wisata termasuk Indonesia. Seperti halnya membawa botol air sendiri, membuang sampah di tempat yang tepat membutuhkan disiplin yang tinggi. Jangan sampai tempat yang indah rusak karena sebagian orang sembarangan membuang sampah.

Hormati orang lokal

Menghormati penduduk lokal yang tinggal dan mencari nafkah di dekat tempat wisata merupakan salah satu prasyarat untuk menjadi turis yang bertanggung jawab.
Sebagai turis yang tidak sombong dan taat pada aturan yang berlaku, dua hal yang harus dilakukan saat berwisata: #DiIndonesiaAja.

Beli produk lokal

Saat melakukan perjalanan ke suatu tujuan, utamakan makan makanan khas setempat. Namun, ada baiknya jika Anda membeli produk yang dibuat oleh komunitas atau di outlet lokal. Pasalnya, hal ini akan mendukung pemulihan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *