Berikut Ini Cara Alami Dan Aman Untuk Mengatasi Bibir Hitam

Beberapa orang memiliki warna bibir yang lebih gelap dari yang lain. Ini bisa jadi karena kondisi medis atau faktor gaya hidup.

Penyebab paling umum dari bibir gelap adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini tidak berbahaya dan disebabkan oleh kelebihan melanin.

Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:

Paparan sinar matahari yang berlebihan.
Kekurangan hidrasi.
Merokok.
Reaksi alergi terhadap produk yang bersentuhan dengan bibir, seperti pasta gigi, lipstik, dll.
Terlalu banyak kafein dan banyak lagi.

Sejumlah kondisi, seperti anemia, kekurangan viramine, kemoterapi, dan penggunaan fluoride yang berlebihan juga dapat menyebabkan bibir menjadi gelap.

Mengatasi Bibir Hitam Perawatan hiperpigmentasi seringkali merupakan keputusan kosmetik. Perawatan seperti laser dan bahan kimia, seperti yang menggunakan hydroquinone dan asam kojic, banyak digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi.

Perawatan hiperpigmentasi paling sering bekerja dengan mencegah produksi enzim meline.

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi masalah bibir hitam.

1. Lemon

Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa kulit jeruk dapat berperan sebagai penghambat melanin. Setiap malam sebelum tidur, potong jeruk nipis dan usap lembut bagian yang berair di bibir Anda.

Keesokan paginya, bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini setiap malam hingga Anda melihat hasilnya, sekitar 30 hari atau lebih.

Lemon dan Gula Sebelum tidur, potong irisan lemon dan celupkan ke dalam gula. Gosok bibir Anda dengan lemon yang dibasahi gula. Keesokan paginya, bilas bibir Anda dengan air hangat.

3. Jeruk nipis

jeruk nipis adalah buah jeruk lain yang mungkin memiliki sifat penghasil anti-melanin. Dalam mangkuk kecil, aduk bahan-bahan berikut, lalu oleskan ke bibir Anda sebelum tidur.

1 1/2 sendok teh air jeruk nipis segar. 1 sendok teh madu. 1 sendok teh gliserin.

4. Kunyit

Menurut sebuah penelitian tahun 2010, kunyit dapat berperan sebagai penghambat melanin. Siapkan mangkok kecil, campur 1 sendok makan susu bubuk dan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Gosokkan pasta di bibir Anda dengan ujung jari yang basah.

Biarkan selama sekitar lima menit sebelum dibilas perlahan dengan air dingin. Setelah mengeringkan bibir, aplikasikan lip balm favorit Anda.

5. Aloe Vera

Sebuah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa senyawa dalam lidah buaya dapat menghambat produksi melanin. Oleskan selapis tipis gel lidah buaya segar ke bibir Anda.

Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

6. Delima (Buah Pome)

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat meredakan hiperpigmentasi pada kulit. Untuk mengatasi bibir gelap, campurkan 1 sendok makan biji delima, 1 sendok teh air mawar, dan 1 sendok makan krim susu segar.

Kemudian, pijat campuran tersebut dengan lembut di bibir Anda selama sekitar tiga menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi perawatan ini setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *