Olahan Minuman Dan Makanan Penambah Darah Alami

Jangan meremehkan fakta bahwa badan sering merasa lemas, lelah, atau pusing. Ini bisa jadi gejala kekurangan darah atau anemia. Ini adalah kondisi yang terjadi karena kekurangan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mengkonsumsi minuman fortifikasi darah bisa menjadi solusinya.
Kekurangan hemoglobin disebabkan oleh kekurangan zat besi. Karena itu membutuhkan asupan yang bisa membantu mendapatkan cukup zat besi. Selain dari suplemen makanan, asupan ini bisa didapatkan dari pengolahan berbagai buah dan sayuran alami.

Nah, berikut penambah darah untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Jus bayam

Bayam diketahui mengandung kalium dan asam folat, yang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, jenis sayuran pemicu darah ini mengandung vitamin A dan E yang tinggi, yang dapat mempercepat pembentukan sel darah merah.

2. Air jeruk

Air jeruk bisa menjadi minuman anemia. Karena buah ini banyak mengandung asam folat untuk menurunkan tekanan darah. Ada pula vitamin C yang bisa mempercepat penyerapan zat besi dan meningkatkan aliran darah ke tubuh.

3. Jus delima

Buah delima tidak hanya enak dinikmati, ternyata juga dapat membantu meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Buah ini mengandung zat besi dan vitamin seperti A, C, dan E untuk membantu pembentukan darah.

4. Anggur

Ruby Roman WineBlood Drink Foto: NextShark
Meski ukurannya kecil, buah anggur merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan darah tubuh. Buah ini mengandung asam folat dan vitamin A yang dapat mempercepat pembentukan sel darah.

5. Semangka

Zat besi dalam semangka bisa membantu membangun darah di tubuh lebih cepat. Selain itu, ada juga tingkat vitamin C yang dapat menyerap zat besi untuk memperlancar peredaran darah.

6. Stroberi

Resep buatan rumah untuk selai stroberi Minuman perangsang darah Foto: iStock
Buah merah ini kaya akan asam folat. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang berguna untuk pembuatan sel darah merah.

7. Kurma

Minuman Penambah Darah Biji Kurma Foto: spesial
Buah lain yang merangsang darah adalah kurma. Buah ini sangat tinggi antioksidan. Ada juga zat besi, yang bisa menaikkan kadar darah untuk mencegah kekurangan darah.

8. Jambu biji

Jambu biji tinggi vitamin C dan karenanya dapat berkontribusi pada pembentukan sel darah dalam tubuh. Selain karena kandungan kaliumnya, buah ini juga bisa menjaga tekanan darah tetap normal.

9. Kacang hijau

Kacang hijau adalah penambah darah untuk ibu hamil dan penderita anemia. Ini karena biji ini mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin atau sel darah dalam tubuh.
Semoga berhasil dengan Minuman Penambah Darah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *