Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong Di Pagi Hari, Berikut Dampaknya

Bagi pecinta kopi, kenikmatan minum kopi di pagi hari memang tidak perlu diragukan lagi. Kopi biasanya diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas karena dipercaya dapat meredakan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi.
Tak sedikit orang yang langsung minum kopi saat perut kosong. Padahal, kebiasaan ini tidak dianjurkan karena berdampak negatif bagi kesehatan.

Berikut 3 efek buruk morning coffee saat perut kosong, seperti dikutip dari Healthyway:

1. Gangguan pencernaan
Asam klorida dalam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan yang dicerna. Namun, produksi asam klorida yang berlebihan saat minum kopi saat perut kosong mengganggu pencernaan dan mengharuskan Anda pergi ke kamar mandi. Selain itu, bakteri jahat di usus memakan protein dan mengeluarkan kentut yang berbau busuk.

2. Menghilangkan nutrisi
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Yokohama di Jepang menemukan bahwa kopi dapat mengosongkan perut dengan cara membuang makanan yang tertelan oleh tubuh. Dengan cara ini, minum kopi saat perut kosong menyerap vitamin dan mineral di dalam tubuh, sehingga tubuh kekurangan nutrisi.

3. Kecemasan dan Depresi
Kopi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Ini karena minum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres seperti kortisol, adrenalin, dan noradrenalin. Kondisi ini mengganggu produksi hormon serotonin yang bisa meningkatkan kebahagiaan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *