Cara Merawat Si Tanaman Mahal Bernama Aglonema

Tidak hanya bercocok tanam, ini menjadi hobi baru yang dilakukan banyak orang untuk mengisi waktunya di tengah pandemi COVID-19. Jenis tanaman yang populer untuk ditanam adalah Aglaonema hias.

Tanaman aglaonema atau yang dikenal dengan sebutan “Sri Rejeki” di kalangan masyarakat negeri ini memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi warna maupun bentuk daunnya. Perpaduan warna hijau, putih, pink, merah dan kuning memberikan kesan cantik pada tanaman hias ini.

Tidak hanya memiliki daya tarik estetika, aglaonema ini juga dapat menjadi salah satu bentuk investasi karena harga jual aglaonema yang mencapai jutaan rupiah. Misalnya, Aglaonema Khanza dijual di e-commerce hingga Rp 5 juta.

Karena harganya yang menjanjikan, mengapa tidak mencoba menanamnya? Untuk pemula berikut ini beberapa tips cara merawat aglaonema dengan baik dan cara merawatnya, seperti yang bisa dilihat dari berbagai sumber.

1. Gunakan media tanam yang benar untuk budidaya. Untuk media tanam, Anda bisa mencampur tanah, pupuk dan nampan. Cobalah untuk membawa media tanam ke tingkat keasaman 6-7

2. Saat menanam tanaman aglaonema juga harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kondisi media pertumbuhannya. Penyiraman biasanya dilakukan dengan mengatur jumlah air dengan media tanam. Sebaiknya gunakan air bersih yang tidak mengandung zat berbahaya seperti kaporit, karena kaporit dapat mempengaruhi warna daun Aglaonema.

3. Campur 1/2 sendok makan pupuk dengan 1 liter air untuk pemupukan. Air campuran ini dapat digunakan untuk empat tanaman pot Aglaonema. Pembuahan bisa terjadi setiap tiga bulan.

4. Untuk membuat daun aglaonema, Anda bisa mencucinya secara rutin dengan mencampurkan susu dan sisa kelapa. Ambil sejumput dan seka daunnya secara merata, diamkan selama 15 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Untuk merawat aglaonema ini, taruh di tempat yang semi panas dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *