Mengenali Cara Kerja Rem ABS Pada Mobil Dan Motor

Sistem pengereman ABS, yang juga dikenal sebagai sistem pengereman anti-lock, diyakini lebih aman untuk membantu pengemudi dalam melakukan pengereman mendadak. Rem ABS memungkinkan roda kendaraan terbuka kuncinya jika terjadi pengereman mendadak, sehingga memudahkan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan.

Dilengkapi dengan tiga buah katup rem, katup pertama berfungsi untuk memaksimalkan tekanan minyak rem yang langsung terhubung ke rem. Sedangkan katup kedua digunakan untuk memblokir tekanan pada minyak rem.

Katup ketiga juga mencegah sebagian tekanan minyak rem dipindahkan ke rem kendaraan.
Selain itu, fungsi ini memiliki pompa untuk mengembalikan tekanan pada saluran rem agar dapat diumpankan ke katup rem.

Rem ABS juga memiliki komponen kontrol yang sering disebut dengan otak. Hal ini dikarenakan pengontrol dapat mengontrol katup dan kemudian mengolah data yang berasal dari sensor kecepatan pada seluruh bagian roda kendaraan.

Lalu bagaimana cara kerja rem ABS pada sepeda motor?

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, kendaraan dengan sistem ABS dilengkapi dengan banyak komponen. Komponen ini nantinya akan mempengaruhi fungsionalitas.

Sensor canggih

Sensor canggih pada ABS dapat membantu mengidentifikasi saat roda terkunci. Dalam hal ini modulator secara otomatis menerima sinyal.
Kemudian piston rem pada mesin melepaskan tekanan pada minyak rem dari kaliper rem.
Tekanan pada piston akan kembali normal saat kunci sepeda motor dilepas. Kenaikan minyak rem juga hanya terjadi 15-50 kali perdetik. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh fungsi ABS.

Cara kerja rem ABS mobil

Pada dasarnya, cara kerja rem ABS di mobil tidak jauh berbeda dengan sepeda motor. Sensor kecepatan, yang merupakan komponen ABS mobil, dapat menentukan kecepatannya kapan saja. Data tersebut dikirim ke kontrol.

Pengontrol menerima data dari sensor kecepatan sebelum roda mobil diblokir. Kemudian katup ketiga memblokir tekanan.
Saat sensor kecepatan roda terdeteksi, katup 1 memberikan tekanan ke minyak rem dan meneruskannya ke rem kendaraan.
Cara kerja rem ABS di dalam mobil bisa dilakukan dengan sangat cepat. Rem ABS biasanya membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk menyelesaikan 15 proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *