Jaga Kebersihan Lingkungan Dan Diri Anda Cegah Penyakit Tifus

Menjaga kebersihan diri sangat penting untuk menghindari berbagai jenis penyakit. Namun, banyak orang yang belum paham bagaimana menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik, meski sudah menjadi rutinitas.

Banyak yang belum paham bahwa menjaga lingkungan adalah salah satu cara mencegah penyakit tipus. Dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan maka kondisi fisik dan psikologis menjadi optimal.

PHBS adalah gaya hidup bersih dan sehat dan para ahli mengatakan bahwa masyarakat harus memahaminya . Hal ini agar masyarakat lebih waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Aspek yang dianggap penting bagi kesehatan lingkungan adalah lingkungan, perilaku dan kesehatan.

Dokter umum dari RS Primaya Bekasi Barat, Dr. Alridho mengatakan salah satu penyakit yang terjadi akibat lingkungan yang tidak sehat adalah penyakit tifus. Tifus adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Penyakit ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat dan makanan yang tidak sehat.

Tifus dapat ditularkan dengan berbagai cara, seperti air dan makanan yang terkontaminasi air kencing dan feses dari penderita penyakit. Tifus juga dapat ditularkan melalui feses yang dibawa oleh lalat dan kecoa yang menempel di tempat-tempat mereka berada. mereka hidup, “jelas Dr. Alridho.

Menurutnya, demam tifoid pada dasarnya memiliki gejala yang umum. Oleh karena itu, kita perlu memahami gejala-gejala tipus agar dapat segera diobati. Gejala tifus antara lain demam tinggi selama lebih dari seminggu terutama pada sore dan malam hari, sakit kepala, lidah kotor, mulut kering, mual, muntah dan nafsu makan menurun, sakit perut dan diare pada anak-anak, atau sembelit (susah buang air kecil. Besar) pada orang dewasa Pembengkakan pada hati dan / atau limpa yang menyebabkan nyeri dan kelemahan saat disentuh.

Pencegahan tifus dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk membiasakan melindungi makanan dari hewan penular penyakit seperti lalat, kecoa, dan tikus, cuci tangan pakai sabun setelah BAB dan sebelum makan, serta membeli makanan ringan. untuk menghindari set di lingkungan yang kurang bersih. Air minum yang memenuhi syarat dan vaksinasi tifus.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri setelah beraktivitas. Jaga kebersihan lingkungan juga agar tetap bersih dan tidak rawan penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat seperti tifus, tambah Dr. Alridho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *