Beragam Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Tanaman Sambiloto

Pernahkah Anda mendengar tentang tumbuhan pahit? Tanaman ini sering digunakan sebagai herbal atau jamu. Namun, sambiloto lebih terkenal dengan rasa yang sangat pahit.
Meski pahit, siapa sangka sambiloto memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungannya yang berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, antipiretik, dan analgesik.

Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan sambiloto:

1. Kurangi demam

Demam merupakan penyakit yang hampir semua orang rasakan. Saat demam biasanya suhu tubuh meningkat dan tubuh menjadi lemas. Ketua Umum Perhimpunan Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. Inggrid Tania mengatakan salah satu manfaat sambiloto adalah dapat menurunkan suhu tubuh saat demam. Bahkan sambiloto juga dapat meredakan batuk, radang tenggorokan jika dibandingkan dengan pengobatan standar atau pengobatan herbal lainnya.
Sambiloto juga bisa menurunkan demam atau memiliki efek antipiretik. Jadi kalau sampai infeksi virus sering terjadi demam. Sekarang demam bisa turun dengan sambiloto.

2. Meredakan multiple sclerosis

Multiple sclerosis, atau sclerosis ganda, adalah penyakit yang merusak saraf yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, nyeri, kelelahan, dan gejala lainnya. Untuk meredakan multiple sclerosis, orang umumnya menjalani terapi fisik dan pengobatan untuk meredakan gejala dan memperlambat perkembangan penyakit.
Berdasarkan penelitian kecil yang dipublikasikan di BMC Neurology, orang yang mengonsumsi sambiloto dua kali sehari selama 12 bulan cenderung menunjukkan penurunan gejala multiple sclerosis dan tidak menemukan perbedaan tingkat kekambuhan, derajat peradangan, atau status kecacatan.

3. Mengurangi penyakit autoimun

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit autoimun? Ini adalah kondisi dimana sistem imun di dalam tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Biasanya penyakit ini sering terjadi karena tingkat kekebalan yang terlalu tinggi sehingga menimbulkan reaksi berlebihan. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel, peradangan, dan penyakit serius yang menyerang saraf, persendian, dan organ penting di tubuh.
DR. Inggrid mengatakan sambiloto bertindak sebagai imunosupresan, senyawa yang digunakan untuk menekan respons imun, meredakan hiperinflamasi, mengobati penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi.

Nah, jamu Indonesia yang bersifat stimulan ternyata bisa berperan sebagai imunosupresan, seperti sambiloto, jahe merah. Jadi itu artinya menekan respon imun bila sudah terlalu tinggi, ujarnya.
Selain itu, Dr. Inggrid menjelaskan pada kasus COVID-19 sering terjadi badai sitokin yaitu kondisi respon imun yang berlebihan sehingga sel-sel tubuh rusak dan terjadi peradangan yang berlebihan. Saat kondisi ini terjadi, diperlukan penekanan untuk menekan respon imun yang berlebihan.

4. Tingkatkan stamina

Kekebalan tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit. DR. Inggrid menjelaskan bahwa sambiloto merupakan salah satu imunomodulator, yaitu tanaman herbal yang dapat meningkatkan stamina (imunostimulan).
Sambiloto juga bersifat imunostimulan. Beberapa penelitian menemukan bahwa sambiloto memiliki khasiat antivirus. Banyak virus yang bisa diobati dengan sambiloto, ujarnya.

enurut Dr. Inggrid, Manajer Medis Kalbe Consumer Health, Dr. Helmin Agustina Silalahi juga menyampaikan bahwa sambiloto bermanfaat sebagai imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan cara ini, tubuh bisa terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Ada hal yang membuat kita sakit, ada faktor virus, lingkungan, dan pastinya faktor imun tubuh. Jika terjadi peradangan yang berlebihan berarti sistem imun tubuh kita sudah bermasalah. Perlu itu kita mengaktifkan sistem kekebalan kita. Kembali dengan imunomodulator, katanya.

Itulah beberapa manfaat sambiloto. Menurut beberapa penelitian, sambiloto tidak hanya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kronis seperti kanker, jantung dan liver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *