Cara Mudah Terhindar Dari Hipotermia Saat Mendaki Gunung

Gunung Lawu baru saja membuka jalur pendakiannya. Namun beberapa waktu lalu, berita duka kembali datang dari sana, pendaki meninggal karena hipotermia.
Kejadian ini terjadi saat libur panjang musim pendakian akhir pekan lalu. Pendaki yang terlambat masih muda dan di bawah 30 tahun.

Gunung Lawu terkenal sebagai gunung terdingin di Pulau Jawa. detikTravel sudah merasakannya, hiking di tengah kemarau dan di pagi hari sangat dingin.
Lalu apa saja persiapan sederhana untuk menghindari hipotermia saat mendaki? Berikut ini adalah saran dari akun lawumontain:

BACA JUGA  Kawasan Wisata Gunung Bromo Akan Dibuka Kembali

1. Mendaki di siang hari
Pada siang hari, suhu di pegunungan lebih nyaman bagi tubuh. Kehadiran sinar matahari juga bisa menjadi media yang membantu mengeringkan pakaian saat basah oleh keringat atau tetesan air.

2. Hindari pakaian berbahan jeans
Karena jeans ini memiliki pori-pori yang besar pada bahannya, udara dingin dapat dengan mudah masuk ke dalamnya. Sementara dalam kondisi basah, jeans akan membutuhkan waktu lama untuk mengering sehingga memudahkan Anda untuk kedinginan.

BACA JUGA  Panorama Raja Ampat Versi Wisata Alam Kudus di Bukit Puser Angin

3. Makan dan jaga isi perut
Makan sebelum mendaki. Saat perut kosong, tubuh tidak memiliki cukup energi untuk menghangatkan tubuh. Usahakan untuk membawa logistik dan camilan bergizi agar tubuh tetap bugar dan tetap fit selama pendakian.

4. Alat bantu pendakian dan baju ganti
Pastikan Anda membawa alat sesuai prosedur pendakian. Juga sediakan kaos cadangan, jaket, headwear, sarung tangan, kaos kaki, sepatu dan celana. Ganti ke pakaian basah.

Saat musim kemarau dimulai, suhu di gunung semakin dingin. Berdasarkan pantauan suhu di Freemeteo, suhu di Gunung Lawu bisa turun hingga 1 derajat Celcius pada dini hari menjelang pagi.
Suhu baru naik 3 derajat pada pukul 07.00 WIB. Untuk menghindari hipotermia lakukan beberapa hal ini ya!

BACA JUGA  Dengan Syarat Dan Aturan, Gunung Semeru Kembali Dibuka 1 Oktober

Leave a Comment