Mengatasi Jerawat Karena Kebiasaan Memakai Masker Dimasa Pandemi

Salah satu tantangan yang dihadapi masyarakat di era new normal adalah masalah kesehatan kulit. Menggunakan masker sebagai sarana perlindungan diri dari penyebaran COVID-19 dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan berbagai iritasi kulit pada wajah.

Masalah ini terjadi karena saat masker digunakan, sirkulasi nafas dan keringat yang terkumpul di sekitar masker bisa memicu kelembapan.
Kondisi lembab ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat. Kelembaban menciptakan tempat berkembang biak untuk jerawat.

Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan kulit secara rutin. Komitmen ilmiah kesehatan kulit Dr. Siti Shahera Anwar, dari Johnson & Johnson di kawasan Asia Pasifik, mengatakan bahwa membersihkan wajah penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Karena membersihkan wajah bisa menghilangkan semua kotoran yang menempel di wajah.

BACA JUGA  Masker Menjadi Bagian Fashion Di Masa Pandemi Covid-19

Gunakan pelembab setelahnya. Melembabkan bukan hanya langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun. Namun dapat membantu meredakan dan mencegah timbulnya jerawat jika Anda memilih formula yang tepat.

Untuk pelembab, Siti Shahera menganjurkan penggunaan moisturizer dan emollients. Humektan seperti asam hialuronat dikenal karena kemampuannya menarik dan mempertahankan kelembapan seperti spons. Sedangkan emolien adalah lipid dan minyak yang dapat membentuk lapisan pelindung untuk mencegah kehilangan air dari lapisan luar kulit.

Kedua bahan utama ini bekerja secara sinergis untuk menjaga keseimbangan pelindung kulit, terutama bila pelindung kulit terganggu akibat penggunaan masker.
Selain itu kandungan gliserin dalam produk kecantikan juga bisa dipilih karena dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Senyawa ini memungkinkan kulit menyerap air dari udara, mengurangi

BACA JUGA  4 Tips Perawatan Wajah Bagi Pria Untuk Kulit Sehat Bebas Jerawat

kekeringan dan bintik-bintik kusam pada kulit. Gliserin juga berfungsi untuk menarik air dari udara dan membantu menjaga kadar air di kulit serta keseimbangan air di kulit.
Sejumlah bahan ini ditemukan di Neutrogena Hydro Boost Serum dan Water Gel yang membantu melembabkan kulit kering dan menjaganya tetap halus, kenyal, dan terhidrasi dari hari ke hari.

Leave a Comment