Mengenali Kode Pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Mobil bertransmisi otomatis menjadi semakin populer di kalangan konsumen karena kemudahan penggunaannya. Meski begitu, tidak semua orang mengenali kode pada tuas transmisi otomatis tersebut.
Dikutip di halaman Auto2000, mobil matic memiliki beberapa kode yang tidak dimiliki mobil manual. Termasuk N, P, R, D dan D1 atau rendah. Apa artinya?

Kode pertama netral atau N. Kabel netral ini menunjukkan posisi netral. Posisi ini digunakan saat mobil harus berhenti dalam waktu lama, misalnya saat macet. Bekerja seperti N-Code dalam transmisi manual.

Kemudian P berarti Park (parkir). P digunakan saat mobil diparkir. Dengan menggerakkan tuas transmisi ke posisi P, kendaraan sama sekali tidak bisa digerakkan. Posisi gearbox pada P mengunci kendaraan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menggunakan kode ini jika mobil perlu diparkir secara paralel.

R adalah kode untuk Reverse (R). Fungsi R digunakan saat mobil ingin mundur.

Selanjutnya D adalah kode untuk Drive. D digunakan saat mengendarai mobil. Jika ingin memacu mobil lebih cepat, Anda tidak perlu lagi menggeser persneling, melainkan menginjak pedal akselerator lebih dalam. Komponen unit kontrol elektronik menyesuaikan dengan kecepatan engine.

Sedangkan D1 atau L (Low) umumnya digunakan saat mobil melaju di jalan menanjak yang terjal. Pada beberapa kendaraan matic, D1 atau L diikuti kode 2 dan 3, pada beberapa digunakan kode +/-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *