Kontrol Gula Darah Anda Dengan Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Penderita diabetes umumnya bisa hidup seperti orang normal. Asalkan bisa menjaga pola hidup sehat agar gula darah terkontrol tidak akan terlalu tinggi atau sebaliknya.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes adalah pola makan yang teratur. Perhatikan tidak hanya apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, tetapi juga tiga hal berikut ini.

Ada tiga hal yang harus diwaspadai pada penderita diabetes. Yang pertama adalah jenis makanannya, yang kedua adalah jumlah dan jadwal makannya, kata dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp. Z oo, Spesialis Gizi Klinik. GK, dalam program hidup sehat di tvOne, Selasa 1 September 2020.

Dokter Feni menjelaskan, jenis makanannya adalah karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah. Selain itu, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi gorengan yang tinggi gula.
Terus jumlahnya harus sesuai kebutuhan. Kalau mau dihitung untuk penderita diabetes ada baiknya konsultasikan dulu ke ahli gizi, lanjutnya.

Sementara itu, meal plan juga tidak kalah pentingnya. Sebagai penderita diabetes, penderita diabetes harus memiliki pola makan yang spesifik. Dalam sehari, penderita diabetes harus dibagi menjadi tiga kali makan utama dan tiga interval. Mengapa?

Agar gula darah tidak terlalu tinggi, atau bahkan bagi mereka yang diberi obat untuk menurunkan gula darah atau insulin. Jika mereka melewatkan makan, mereka takut gula darahnya akan turun atau turun. Dan ternyata tidak. baiklah, katanya.

Feni mengatakan ada batasan untuk sarapan. Sarapan dianjurkan antara jam 7 dan 9 pagi, dengan jeda antara jam 10 pagi dan 11 pagi. Kemudian makan siang antara pukul 12 dan 2 pagi. Kemudian untuk istirahat sore antara jam 4 dan 5. Sedangkan untuk makan malam antara jam 6 dan 7.

Hati-hati saja, harus ada selingan malam, apalagi yang memakai insulin karena takut, tidak makan malam, takut gula darahnya turun di pagi hari, kata Feni Nugraha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *