Objek Wisata Candi Cheto Dengan Panorama Alam Pegunungan

Jika Bali memiliki Pura Lempuyangan, Karanganyar memiliki Pura yang tidak kalah indahnya. Pura ini merupakan tempat berfoto yang populer karena berada di atas bukit.
Candi Cetho terletak di lereng Gunung Lawu yang berada di ketinggian 1496 m dpl dan merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia. Di ketinggian ini nyatanya perjalanan menuju tempat ini tidak mudah karena harus menanjak dan jalanan yang berkelok-kelok.
Jalannya sudah beraspal sehingga pengendara tidak perlu khawatir, meski tetap harus berhati-hati. Dalam perjalanan kita dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh bertingkat dan terawat sangat baik.
Saat saya ke sana cuaca di daerah tersebut mendung sehingga kabut cukup tebal sehingga menghalangi pandangan. Dan ketika kita membuka jendela, tentunya kita merasakan kesejukan, bahkan udara dingin disini.

Ada beberapa tempat parkir di pintu masuk. Harga tiketnya hanya Rp 7.000 rupiah untuk turis domestik, sedangkan turis mancanegara dikenai tiket masuk Rp. 25.000. Sebelum memasuki kawasan pura, wisatawan wajib mengenakan kain poleng. Ini berlaku untuk semua pengunjung demi menghormati kesucian candi ini.

Kami disambut oleh serangkaian tangga, setelah itu kami mencapai titik utama bagi para pecinta fotografi. Jika berfoto di sini, kita akan terlihat di atas awan melawan langit di area Candi Cetho. Saat itu, karena cuaca sedang berkabut, kabut putih terlihat di latar belakang. Saat sibuk kita harus sabar menunggu orang datang.

Candi Cetho

Dari gapura utama kita bisa melihat Tempelhof yang cukup luas dengan rerumputan hijau. Candi Cetho sendiri merupakan candi bertingkat sembilan.
Di dalam areal pura kami juga menemukan beberapa paviliun. Di puncak komplek candi peninggalan zaman Majapahit merupakan bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat pemurnian sebelum dilakukan ritual pemujaan.

Pintu masuk dan keluar candi ini diorientasikan berbeda sehingga lebih rapi. Hampir di sepanjang pintu keluar terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan jajanan ringan.
Mengunjungi Kuil Cetho mungkin membutuhkan perjuangan, Tapi terbayar Oleh keindahannya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *