Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pendaki Pemula

Saat ini, banyak gunung yang membuka kembali gerbang pendakiannya setelah ditutup selama berbulan-bulan untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona.
Tidak hanya pendaki yang berpengalaman, tetapi juga para pemula sangat menantikan untuk mencapai puncak gunung, terutama yang hanya bisa dicapai dengan perjalanan darat atau kereta api.

Dibukanya gunung juga dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti, rutin memakai masker dan cuci tangan, menjaga jarak fisik dan mengurangi laju pendakian dalam satu hari.

Dua jalur pendakian yang dibuka secara resmi ke Gunung Prau
Pemula, layaknya pendaki berpengalaman, sebaiknya tidak hanya memiliki jiwa wisata alam saat pendakian pertama kali.

Meidian Prana, seorang pemandu pendakian yang juga bertanggung jawab atas kehumasan DPP Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), berpesan kepada para pemula untuk mempersiapkan fisik dengan rutin berolahraga, seperti bersepeda atau jogging, minimal seminggu sebelum pendakian.

Cari informasi terkini tentang gunung Zielberg, serta barang bawaan apa saja yang harus dibawa, seperti pakaian dingin, kantong tidur, dan lain-lain, kata Meidian , Selasa (1/9).

Pemula juga tidak perlu bekerja untuk mendaki gunung yang tinggi seperti Semeru atau Rinjani.
Sebaliknya, para pemula bisa melatih diri secara fisik dengan mendaki gunung yang medannya tidak terlalu curam dan jarak ke puncak tidak terlalu jauh. Tentunya ditemani oleh guide yang berpengalaman.

Gunung Papandayan, Gunung Prau, dan Gunung Ijen menurut saya bagus untuk pemula mencoba dua pertimbangan ini, ujarnya.
Tidak ada yang bisa memprediksi nasib seseorang di gunung karena alam memiliki rahasia besar dan faktor cuaca akan berbeda di kaki dan di puncak gunung.

Bagi pemula yang ingin menikmati gunung namun tetap memperhatikan keterbatasan fisik, Meidian disarankan untuk hanya berada di kaki gunung, karena menikmati alam tidak harus merugikan dirinya sendiri yang mengganggu orang lain terutama di tengah. pandemi virus corona saat ini.

Saat ini banyak pilihan vila atau akomodasi pribadi di sekitar Cibodas, Dieng, Sembalun atau Lava View. Pemandangan pegunungan masih bisa dilihat dari kejauhan, pungkasnya.
Pemula yang ingin memulai hobi hiking dapat mengetahui informasi lebih lanjut di media sosial APGI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *