Makanan Yang Mampu Menurunkan Kadar Asam Lambung

Asam lambung yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Mulai dari sendawa, mual dan sakit perut. Sejumlah makanan bisa menurunkan asam lambung dan menetralkan keasaman di lambung.
Makanan dengan kandungan mineral tertentu bisa menurunkan asam lambung. Makanan ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung berlebih.

Johns Hopkins Medicine merekomendasikan makan makanan basa atau basa dengan pH tinggi untuk mengurangi asam lambung.

Berikut makanan yang bisa menurunkan asam lambung.

1. Pisang

Pisang adalah buah rendah asam yang dapat membantu meredakan gejala refluks asam dengan menutupi lapisan esofagus yang teriritasi dan menghilangkan rasa sakit. Kandungan serat yang tinggi pada pisang memperkuat sistem pencernaan.

Pisang juga mengandung pektin, yang membantu memindahkan makanan dari perut ke saluran pencernaan bagian bawah. Makanan yang menumpuk di perut masih bisa menghasilkan asam.

2. melon

Melon merupakan buah dengan sifat basa yang dapat menurunkan asam lambung. Melon mengandung magnesium tinggi, khasiat obat untuk refluks asam.

3. yogurt

Yogurt memiliki efek menenangkan pada perut. Kandungan probiotik pada yogurt mampu memperkuat saluran pencernaan. Yogurt juga bisa membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau rendah lemak dan gula, yang dapat menurunkan asam lambung. Sayuran hijau juga memiliki sifat basa yang baik untuk pencernaan.

5. jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Sifat anti-inflamasi ini membantu jahe meredakan gejala refluks asam dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

6. Putih telur

Protein juga bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengurangi asam lambung. Dikutip dari Health Line, protein dapat menetralkan keasaman di lambung. Sebaliknya, hindari kuning telur karena tinggi lemak sehingga menyebabkan asam lambung meningkat.

7. Oatmeal

Biji-bijian utuh seperti oatmeal merupakan sumber serat yang baik untuk sistem pencernaan. Studi menunjukkan bahwa serat tinggi dikaitkan dengan penurunan asam lambung.

Selain menghindari makanan yang dapat menurunkan asam lambung, hindari juga makanan yang bersifat asam. Sejumlah makanan yang dapat meningkatkan asam lambung antara lain buah-buahan yang mengandung asam, tomat, coklat, makanan pedas, kafein, dan mint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *