Hati Hati Oli Palsu, Begini Cara Mengetahui Yang Asli

Dampak dari populasi kendaraan yang tinggi saat ini mempengaruhi maraknya penggunaan oli palsu di pasaran. Karenanya, konsumen perlu bijak dalam memilih produk oli. Perlu diketahui bahwa jika mobil sudah pernah menggunakan pelumas palsu, efeknya pada kendaraan bisa berbahaya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa ditimbulkan kerusakan serius yang berujung pada kerusakan mesin mobil. Anjar Rosjadi, Head of Service Parts Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan pelumas merupakan hal terpenting dalam mesin multifungsi. Oli tidak hanya melumasi komponen di mesin, tetapi juga melindungi dan mendinginkan suhu.

“Bisa dibayangkan menggunakan oli palsu yang belum terbukti berdampak fatal bagi mesin. Artinya, tidak semua oli berfungsi maksimal dan merusak mesin,” kata Anjar, Minggu. (30/8/2020). Anjar mengatakan, peredaran oli sintetik, terutama di aftermarket sulit dihindari. Selain itu, semakin modern, kemasan dan bentuknya tampak hampir mendekati aslinya. Karena itu, ada baiknya konsumen juga mengetahui khasiat oli yang mungkin saja palsu.

Anjar menjelaskan, ada beberapa ciri oli palsu yang bisa dikenali secara visual oleh mata. Pertama, lihat nomor produksinya. Biasanya produsen oli selalu memberikan nomor identifikasi yang terletak di dua tempat berbeda yaitu di tutup botol dan di kemasan oli. Cetakan dari nomor produksi tersebut biasanya rapi dan sejajar. Keduanya juga sama persis. Jadi bila ada perbedaan jumlah antara yang tutup dan yang ada di kemasan, diduga oli palsu.

karena produsen oli telah menggunakan teknologi modern dan canggih dalam pembuatan tutup. Biasanya, closure hanya bisa digunakan sekali. Setelah dibuka, tidak dapat digunakan lagi. Ini sebenarnya untuk mencegah orang nakal menggunakan tutup botolnya atau didaur ulang. Selain itu, pemilik kendaraan dapat melihat label di tutup botol oli yang mereka beli.

Produsen pelumas menggunakan semacam logo holografik dan kode terpisah untuk menunjukkan keaslian produk mereka. Sedangkan produk oli pelumas palsu biasanya dibuat dengan kualitas cetakan yang kurang baik karena logo produk asli dipindai dan dicetak ulang. Sekalipun pandangannya mungkin terlihat sangat mirip, akan ada perbedaan saat diperiksa.

Karena detail label yang digunakan berkualitas buruk. “Bisa juga dicirikan oleh bau dan warnanya. Cara ini mungkin yang paling sederhana. Ciri minyak asli adalah warnanya bening dan tidak berbau aneh, sedangkan minyak palsu biasanya berbau minyak bekas dan berwarna keruh, “kata Anjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *