Lima Jenis Sarapan Yang Nyaman Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya disertai rasa sakit saat menelan. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan lunak, termasuk saat sarapan.
Sakit tenggorokan sering terjadi pada orang dari segala usia. Dari anak kecil hingga orang tua, gejala utamanya mungkin berupa kemerahan pada tenggorokan dan nyeri saat menelan. Tidak mengherankan jika orang tidak nafsu makan saat sedang sakit tenggorokan.

Padahal makanan penting dalam mengatasi sakit tenggorokan. Karena makan makanan bergizi meningkatkan daya tahan tubuh dan virus penyebab sakit tenggorokan bisa dilawan.
Makanan bergizi ini penting untuk setiap makan, termasuk sarapan. Ada 5 makanan yang baik untuk sarapan saat Anda sedang sakit tenggorokan. Berikut daftarnya:

1. Jahe dan madu

Minum air jahe plus madu bisa menjadi ide sarapan yang akan menenangkan tenggorokan dan perut Anda. Rasa hangat dari jahe terasa enak, diimbangi dengan manisnya madu.
Kedua bahan ini juga bagus untuk tenggorokan Anda. Madu bisa efektif melawan sejumlah infeksi, termasuk virus yang menyebabkan sakit tenggorokan. Pastikan Anda memilih madu alami yang dibuat tanpa menambahkan bahan lain.
Sedangkan jahe memiliki sifat analgesik, antioksidan dan anti inflamasi. Kombinasi ini membuat jahe efektif dalam meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, jahe bisa mengurangi rasa mual yang sering dialami seseorang dengan sakit tenggorokan.

2. Smoothies

Apakah Anda ingin sarapan yang nyaman dan bergizi saat sakit tenggorokan? Buat saja smoothie buah dan sayur. Ahli gizi Cynthia Li, dikutip dari Womens Health (27/8), merekomendasikan kombinasi seledri, beri, dan kangkung.
Ketiganya rendah gula dan tinggi antioksidan untuk melawan penyakit. Kemudian campurkan dengan jus jeruk alami yang masih memiliki ampas di dalamnya untuk meningkatkan penyerapan serat dan vitamin C.
“Bagi orang yang mengalami radang tenggorokan akibat infeksi virus, saya sarankan untuk mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, hingga 3.000 mg per hari,” tambah dr. Favini menambahkan. Untuk meracik smoothie, jangan lupa tambahkan es batu yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

3. Mashed Potatto

Saat sakit tenggorokan dalam kondisi terbaiknya, yang terbaik adalah makan makanan lunak. Seperti kentang tumbuk atau kentang tumbuk yang cocok untuk sarapan. Kentang kaya akan vitamin C, magnesium, dan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda.
Pastikan untuk memakan kentang tumbuk saat sudah dingin. Karena kalau masih terlalu panas, tenggorokannya sakit. Jika Anda ingin membuat kentang tumbuk sendiri, pilihlah bahan utama berupa kentang merah karat atau Yukon Gold untuk hasil yang maksimal.
Agar semakin nikmat, Anda bisa menambahkan mentega cair dan beberapa bumbu atau herba lainnya. Misalnya merica dan bubuk rosemary yang bikin aromanya makin harum.

4. Sup ayam

Jika Anda ingin sarapan ringan dan tidak melukai tenggorokan, cobalah semangkuk sup ayam. Hidangan ini selalu bisa menghilangkan rasa sakit, termasuk sakit tenggorokan.
Sakit tenggorokan diketahui sebagai akibat dari peradangan dan dehidrasi. “Cairan seperti kaldu dalam sup ayam tidak hanya bisa menggantikan air yang hilang di dalam tubuh, tapi juga membantu tubuh menahan cairan di jaringan karena kandungan garamnya,” kata Dr. Li.
Selain itu, sop ayam juga mengandung potongan ayam dan sayur seperti wortel dan kentang yang baik untuk kekebalan tubuh. Jika ingin lebih mengenyangkan, Anda bisa memilih sarapan sup ayam plus nasi.

5. yogurt

Menu sarapan lain yang enak disantap saat sedang sakit tenggorokan adalah yogurt. Makanan ini adalah sumber protein yang baik dengan tambahan karbohidrat, lemak sehat, dan probiotik.
“Bakteri baik ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam tubuh,” kata Dr. Li. Dia juga mengatakan mungkin ada hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi saluran pernapasan dan sakit telinga.
“Selain itu, tekstur yogurt yang lembut dan dingin membuat Anda lebih mudah menelan makanan ini jika Anda mengalami sakit tenggorokan,” tambah Dr. Li menambahkan. Jika mau, Anda bisa memiliki irisan buah segar saat sarapan yogurt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *