Madu Disebut Lebih Ampuh Redakan Batuk Pilek Daripada Antibiotik

Sekelompok peneliti dari Universitas Oxford melakukan penelitian untuk mengetahui khasiat madu murni yang sebenarnya. Bisakah kita menggunakan madu sebagai pengganti antibiotik tradisional?

Menurut penelitian terbaru, madu sama efektifnya dengan antibiotik dalam mengobati batuk dan pilek. Para peneliti meninjau studi dan membandingkan manfaat yang ditawarkan madu. Mereka mengukur kekuatannya sebagai pereda batuk, antihistamin, dan pereda nyeri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu tidak memiliki efek samping. Menurut Healthy Food House, madu lebih efektif daripada obat lain dalam mengobati gejala flu.

BACA JUGA  Air Beras Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Madu bisa meredakan batuk hingga 44 persen. Nektar lebah ini 36 persen lebih efektif dibandingkan obat lain dalam mengurangi frekuensi batuk. Ilmuwan menemukan bahwa madu dapat mempersingkat waktu pemulihan untuk infeksi saluran pernapasan atas. Peneliti Oxford meninjau 14 studi yang melibatkan 1.761 peserta.

“Madu dikaitkan dengan pengurangan yang lebih besar secara signifikan pada skor gejala gabungan, frekuensi batuk, dan keparahan batuk,” tulis artikel yang diterbitkan di British Medical Journal.

Madu dapat memperpendek gejala hingga dua hari. Namun jangan lupa, madu adalah zat yang kompleks dan tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenis memiliki efek yang berbeda.
“Madu adalah obat yang banyak digunakan dan digunakan secara luas dan dikenal baik oleh pasien. Madu juga murah, mudah didapat, dan memiliki efek samping yang terbatas,” kata studi tersebut.

BACA JUGA  7 Manfaat Dari Kacang Edamame Untuk Kesehatan Anda

Madu aman digunakan tetapi harus dihindari jika Anda alergi terhadap madu. Bayi di bawah usia satu tahun juga tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Leave a Comment