Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit Wajah

Masalah flek hitam pada kulit terutama di wajah tentunya bisa merusak penampilannya. Makanya, cara menghilangkan flek hitam di kulit sangat diminati.
GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor menawarkan tip aman untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Namun sebelumnya, simak dulu informasi seputar flek hitam yang perlu Anda ketahui.

Apa itu flek hitam?
flek hitam, atau bintik penuaan, adalah bintik hitam atau bagian kulit yang lebih gelap dibandingkan dengan kulit di sekitarnya. Warna gelap ini muncul dalam bintik-bintik kecil dan cukup banyak. Flek hitam sering terjadi tidak hanya pada wajah, tetapi juga pada kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti dada, tangan, bahu, dan lengan.
Bintik hitam dikaitkan dengan proses penuaan, terutama pada orang yang berusia di atas 50 tahun. Tapi bisa juga muncul di usia yang lebih muda.
Meski tidak berbahaya, flek hitam bisa menurunkan kepercayaan diri.

Berikut cara menghilangkan flek hitam secara efektif.

1. Gunakan krim hanya seperti yang diarahkan oleh dokter Anda
Hanya gunakan krim pencerah atau pencerah seperti yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Karena krim pemutih ini mengandung hydroquinone, retinoid, atau tidak keduanya.
Hasilnya tidak seketika. Diperlukan waktu setidaknya dua bulan untuk benar-benar memudar dan disertai dengan perawatan lain seperti menggunakan tabir surya dan menghindari aktivitas di luar ruangan. Selalu konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan nasihat medis dan penggunaan obat terbaik.

2. Dermabrasi
Dermabrasi adalah prosedur pengelupasan yang digunakan untuk mengangkat lapisan luar kulit. Cara ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk memperbaiki masalah kulit seperti mengurangi kerutan, menyembunyikan bekas jerawat, dan menghaluskan bopeng. Prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter dan tidak memberikan hasil yang instan. Beberapa prosedur diperlukan karena kulit membutuhkan waktu untuk meremajakan.

3.Chemical Peeling
Perawatan ini biasa digunakan untuk memperbaiki tekstur dan penampilan kulit. Caranya dengan mengoleskan cairan kimia ke area kulit yang diinginkan. Kemudian kulit terkelupas dan menghasilkan kulit baru yang lebih sehat. Selain menghilangkan flek dan bekas luka, chemical peeling dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan dan bopeng. Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani operasi karena kulitnya rentan mengalami iritasi.

4. Laser (IPL)
Perawatan laser bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam pada kulit. Teknik laser kulit, atau Intense Pulsed Light (IPL), lebih berfokus pada perawatan area tertentu daripada seluruh permukaan kulit. Karena cara kerja laser IPL, sel pigmen kulit menyerap energi cahaya, yang diubah menjadi panas. Panas menghilangkan pigmen yang tidak perlu dan bintik hitam menghilang.

5. Perawatan alami
Selain pengobatan medis, ada alternatif lain yaitu cara alami menghilangkan flek hitam. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah bawang merah, lidah buaya, dan ekstrak anggrek. Isi ketiganya bisa mencerahkan dan menghilangkan noda hitam.

Inilah 5 cara menghilangkan flek hitam di kulit Anda. Itu selalu lebih baik untuk mendiskusikan dengan dokter Anda sebelumnya apakah Anda ingin mengambil tindakan medis apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *