Penyakit Yang Akan Muncul Apabila Anda Malas Bersihkan Tempat Tidur

Salah satu faktor penentu kualitas tidur yang baik juga tergantung dari kondisi kasur atau sprei. Dengan menjaga kebersihan kasur secara hati-hati, Anda juga akan mendapatkan tidur dan kesehatan.

Seprai bersih tidak cukup hanya dengan membersihkan kasur dan mengganti seprai setiap minggu. Kasur juga harus “dicuci” karena dapat menyerap keringat, debu, kotoran, dan sel kulit mati setiap kali Anda tidur.

Kotoran yang menumpuk setiap hari dan dibiarkan menumpuk seiring waktu dapat membiakkan “tamu yang tidak diinginkan” seperti tungau dan kutu busuk. Bahkan flek hitam akibat kombinasi kotoran bisa mempengaruhi kualitas kasur.

Kasur yang kotor dapat membahayakan kesehatan Anda, Berikut 3 penyakit yang mengintai jika Anda tidak pernah membersihkan kasur.

1. Infeksi

Tubuh kita pasti mengeluarkan keringat dan kulit mati saat kita tidur. Hal ini membuat kasur menjadi lingkungan yang hangat dan lembab untuk jamur dan koloni bakteri untuk tumbuh.

Dilansir dari WebMD, berbagai jenis jamur dan bakteri, termasuk Ecoli dan Staphylococcus aureus, dapat menumpuk di kasur dan menyebabkan infeksi seperti diare, sakit perut, muntah, dan demam.

Hubungi pembersih kasur profesional untuk menghilangkan bakteri dan tungau debu karena mereka harus memiliki deterjen khusus yang membunuh kuman.

2. Alergi dan iritasi

Kotoran, debu, dan keringat yang menumpuk di kasur merupakan lingkungan yang ideal untuk kutu busuk tumbuh. Hewan penghisap darah ini mulai mencari makan saat Anda tidur.

Mereka bersembunyi di antara jahitan kasur, seprai dan bantal Anda.

Paparan kutu busuk pada manusia dapat memiliki banyak efek berbahaya. Jika tempat tidur memiliki bekas gigitan merah dan gatal di atasnya, Anda dapat mencurigai adanya tungau dan kutu busuk.

3. Asma dan bronkitis

Kulit mati merupakan makanan bagi tungau yang lapar. Kehadiran tungau dan kotorannya bisa memicu alergi pernafasan seperti asma.

Berdasarkan penelitian, State University of Ohio memperkirakan 100.000 hingga 10 juta tungau tergantung di kasur yang belum pernah dibersihkan.

Sekarang pastikan Anda secara teratur membersihkan kasur dari kutu, tungau dan noda membandel, karena risiko penyakit berada di atas.

Jangan menunggu kasur terlihat sangat kotor, hitam, dan gatal. Membersihkan tempat tidur minimal enam bulan sekali untuk mencegah terjadinya tamu tak diundang yang menyebabkan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *