Amerika Akan Merugi Apabila Jatuhkan Sangsi Terhadap India

Rencana Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan sanksi kepada India menanggapi keputusan New Delhi untuk membeli perlengkapan militer dari Rusia hanya akan merugikan Washington. India dan Rusia menandatangani kesepakatan senilai $ 5,43 miliar untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 pada Oktober 2018.

Amit Cowshish, mantan penasihat keuangan Departemen Pertahanan AS, mengatakan menjatuhkan sanksi pada India akan merugikan kepentingan Washington sendiri karena India saat ini merupakan salah satu pasar terbesar bagi AS.

“Semua hubungan antara India dan AS tergantung pada perdagangan pertahanan. Kami belum membuat kemajuan signifikan di bidang lain,” seperti dilansir Sputnik.

Selain menjaga keseimbangan kesepakatan perdagangan AS-India setelah beberapa putaran negosiasi tarif, dll., Perdagangan pertahanan antara kedua negara telah menerima dorongan selama bertahun-tahun.

Perdagangan pertahanan antara India dan AS telah tumbuh dari $ 1 miliar pada 2008 menjadi $ 18 miliar pada 2019. Menurut laporan SIPRI, AS kini menjadi pemasok senjata terbesar kedua ke India setelah tumbuh lebih dari 550% pada 2013-2017 dibandingkan lima tahun terakhir.

Cowshish bersikeras bahwa jika pemerintah Donald Trump menjatuhkan sanksi pada , India akan mengatakan tidak dapat membeli peralatan dari AS, yang akan merusak industrinya sendiri dalam hal pasar tunggal yang besar, karena India adalah tujuan yang sangat menarik.

Tanpa mengesampingkan kemungkinan AS menangani ancaman ini dan menjatuhkan sanksi, Cowshish menilai tidak ada peluang yang realistis karena jika AS ingin melakukannya. “Anda seharusnya melakukannya ketika kami memutuskan untuk melanjutkan dengan S-400,” katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa pejabat dan lembaga pemikir Amerika telah mengatakan bahwa CAATSA adalah untuk Turki dan bukan India, tetapi itu adalah kenyataan dan tidak ada pengecualian untuk India.

“Jika India membeli sesuatu dari Rusia, itu berarti masuk akal secara komersial dan strategis. Saya kira India tidak akan terpengaruh oleh ancaman Amerika,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *