Konser Drive-in Dimasa Pandemi Solusi Bangkitkan Dunia Hiburan

Pandemi corona belum usai, namun hari ini, Sabtu (29/8/2020), konser musik berkonsep observasi di dalam mobil digelar di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pada kesempatan kali ini, konser bertajuk #SafetyAndSpectacular menampilkan pertunjukan DANAMON OPTIMAL NEW LIVE EXPERIENCE! mempersembahkan Kahitna.
Saat langit menjadi gelap, area konser mobil dipenuhi dengan mobil yang terdiri dari beberapa kelas. Sementara itu, semua mobil menyaksikan penampilan sang artis di atas panggung di barat.

Untuk panggungnya sendiri terlihat sedikit lebih tinggi dari panggung konser konvensional. Sementara itu, pencahayaan dan setting panggung terlihat umum seperti pada konser tradisional.
Penonton harus selalu berada di mobil masing-masing. Saat ingin ke kamar mandi atau membeli bahan makanan, penonton cukup menyalakan lampu hazard.
Untuk memesan makanan, penonton harus melakukan pre-order teknis. Nanti panitia akan menjangkau penonton untuk menuntun mereka ke kamar mandi atau mengantarkan makanan ke mobil penonton.

Sebelum masuk, penonton juga diperiksa kelengkapannya, memakai masker, pelindung wajah dan desinfektan tangan. CEK suhu tubuh dan data validasi bebas COVID-19 juga menjadi standar di konser ini.

Mobil-mobil penonton juga disemprot cairan desinfektan dan diperiksa kondisi mesin mobil. Demi kesederhanaan, penonton juga dilarang merokok atau vaping di area konser.
Sementara itu, setiap mobil penonton dilengkapi dengan pendeteksi karbondioksida agar tidak membahayakan penonton di dalam mobil. Alat ini juga diberikan oleh panitia.

Beberapa gerbang telah disiapkan panitia konser untuk lalu lintas mobil itu sendiri. Beberapa gerbang diperuntukkan untuk akses lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan di area konser yang dipadati sekitar 300 mobil penumpang.

Nikmati musik live dari mobil

Untuk audionya sendiri, penonton bisa mengaksesnya melalui radio FM. Penyelenggara menyediakan frekuensi yang berisi siaran konser. Suara dari atas panggung terdengar jelas di dalam mobil.
Malam semakin larut, Kahitna akhirnya naik ke atas panggung setelah menayangkan beberapa video dari konser sebelumnya. Ada yang unik dari konser ini, yaitu menggantikan tepuk tangan penonton dengan klakson mobil.

“Selamat malam! mana klaksonnya?” Mario Ginanjar memanggil kerumunan.

Tak lama berselang, Kahitna akhirnya memainkan lagu utamanya Tidak Akan Diganti. Dalam kesempatan ini, Kahitna juga merasakan sesuatu yang baru dalam aksi panggungnya kali ini karena ia tengah menggelar konser di tengah pandemi corona ini.

“Ini benar-benar pengalaman baru. Terima kasih banyak telah memberikan Kahitna kesempatan untuk tampil di normal baru di konser pertama,” kata Mario Ginanjar.
Dalam kesempatan tersebut, Hedi Yunus, Mario Ginanjar dan Carlo Saba beberapa kali berteriak dan memprovokasi penonton untuk meledakkan klakson mobilnya untuk memeriahkan konser.

“Selamat malam! Nyalakan klakson dengan lampunya! Enam bulan kemudian kita bisa berbagi cinta dengan Kahitna lagi,” kata Hedi Yunus.
Tidak sekali pun klakson berbunyi lagi untuk Yovie Widianto kali ini.

” mana suara klakson semua orang untuk Yovie Widianto!” teriak Hedi Yunus.

Sementara itu, viewer juga dapat berinteraksi langsung dengan Kahitna dan viewer lainnya melalui aplikasi Zoom. Penonton pun tampak senang dengan konser tersebut, meski berada di dalam mobil.

Di sisi lain, pada aksi grup Bandung, terlihat anggota Kahitna yang memainkan alat musik menggunakan pelindung wajah. Namun, pengamen Kahitna tidak memakai topeng melainkan menjaga jarak dan dipastikan semua anggota staf telah lulus rapid test.

Dalam kesempatan tersebut, Hedi Yunus juga turut merasa senang meski harus melalui konser dengan konsep observasi di dalam mobil. Namun, Kahitna berharap bisa menggelar konser normal lagi tahun depan.

“Hari ini kita atur sesuatu yang baru. Suara di mobil ini adalah sesuatu yang baru buat kita. Mudah-mudahan tahun depan ada konser lagi di hall,” kata Hedi Yunus.

Dalam kesempatan itu, penonton juga menyingkir dengan mobil sunroof untuk menikmati konser ultah ke-34 Kahitna.

Akhirnya Kahitna mengakhiri konser ini dengan lagu Cantik sekitar pukul 11 ​​malam WIB. Seperti halnya konser besar lainnya, kembang api tampak mewarnai langit sebagai tanda berakhirnya konser tersebut.

“Terima kasih mari kita selfie dulu,” tutup Kahitna dalam konser di tengah normal baru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *