Lima Tanda Daging Ayam Tidak Layak Untuk Dikonsumsi

Jamur, kontak yang terlalu lama dengan ruang terbuka, dan penyimpanan yang tidak tepat dapat merusak daging dan memengaruhi makanan. Ada sejumlah tanda ayam sudah tidak layak konsumsi lagi.
Makan ayam yang rusak bisa menyebabkan masalah pencernaan, keracunan, dan sejumlah penyakit lainnya. Ayam yang sudah tidak layak makan dapat dikenali dari warna, bau, dan teksturnya.

Ini tandanya ayam sudah tidak layak konsumsi.

1. Perubahan warna

Sebelum dimasak, periksa warna ayamnya. Saat segar, ayam mentah berwarna merah jambu. Jika mulai membusuk, umumnya ayam akan memudar warnanya. Warna ayam yang membusuk juga terlihat kusam. Bahkan saat dimasak, ayam yang busuk akan tetap terlihat kusam dan tidak memutih.

2. Bau Ayam menyengat

Cium bau ayam sebelum dimasak. Ayam mentah yang membusuk memiliki bau yang sangat menyengat. Bau yang menyengat bisa berupa bau asam dan bau amonia.

3. Berlendir dan lengket

Pada umumnya ayam berwarna mengkilat dan membuatnya berlendir. Slime ini akan hilang saat ayam dicuci dan dibersihkan. Namun, lendirnya tidak kunjung hilang, meski sudah dibilas dengan air. Ayam terasa lengket.

4. Es tebal pada ayam beku

Jika ayam disimpan dalam keadaan beku, lapisan es yang tebal merupakan pertanda ayam tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Artinya ada masalah dengan proses penyimpanan di freezer. Ruam putih atau kulit kasar yang muncul pada ayam beku juga merupakan tanda daging teroksidasi.

5. Bau menyengat setelah dimasak

Jika ayam sudah matang maka bau yang timbul juga bisa menjadi pertanda bahwa ayam tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Bau ayam seperti telur busuk dan belerang menjadi ciri khas ayam yang kurang enak dimakan.

Selain itu, munculnya jamur seperti bulu berwarna hitam atau hijau juga merupakan pertanda bahwa ayam tidak boleh dimakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *