Fakta Jumlah Air Yang Harus Kita Minum Setiap Hari

Sepertinya semua orang sudah tahu bahwa dua pertiga tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, konsumsi air minum tentunya sangat penting guna menyeimbangkan fungsi tubuh agar tidak terganggu dan mencegah berbagai masalah.

Secara umum ilmu yang kita ajarkan dan ketahui adalah kita perlu mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena semua kebutuhan dan aktivitas berbeda.

Menurut Dokter & Influencer Kesehatan, Dr. Alghufron, M.M.R., pola minum air yang baik tidak didasarkan pada jumlah 2 liter, 8 gelas, atau 10 botol sehari. Tetapi pertimbangkan kebutuhan setiap individu.

Padahal jika kita melihat banyak penelitian, idealnya kita harus minum sekitar 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas. Tapi kembali ke kebutuhan cairan sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan, ujarnya mengawali webinar. VIT 8+, air minum dengan pH tinggi, Jumat 28 Agustus 2020.

Dokter Ghufron memberikan perumpamaan antara pemain sepak bola dan pekerja kantoran. Tentunya sang pesepakbola perlu minum lebih banyak karena harus melakukan aktivitas yang berat.

“Tapi paling tidak kalau kita beraktivitas sehari-hari, misalnya harus minum minimal 2 liter sehari atau 8 gelas,” lanjutnya.

Ghufron juga mengingatkan, untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda sebaiknya minum sebelum Anda merasa haus. Jangan menunggu sampai Anda haus dan memilih untuk minum. Karena termasuk dalam kategori dehidrasi ringan.

“Haus itu tanda atau reaksi dari tubuh kita. Jadi tubuh kita benar-benar pintar. Misalnya kalau tahu kita kekurangan cairan, itu memberi kita sinyal atau kode. Kodenya haus itu,” ujarnya.

“Misalnya kalau kita sudah haus, berarti kita sedang dalam kategori dehidrasi ringan. Artinya kita harus minum atau tidak menunggu haus,” tambah Dokter Ghufron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *