Mau Download Game Aman Dan Gratis ? Berikut caranya

Anda mungkin pernah mendengar bahwa malware menyusup ke game tertentu dan kemudian memanfaatkannya. Nah, buat kamu yang ingin mendownload game gratis dari internet, patut waspada.
Namun, kabar baiknya adalah perusahaan keamanan siber Kaspersky menawarkan beberapa cara untuk memilih dan mengunduh game gratis di Internet dengan aman, seperti:

1. Unduh game dari sumber tepercaya

Saat ini, semakin banyak platform game muncul setiap tahun. Dominasi Steam di pasar telah membuat Origin, uPlay, Epic Gims Store, dan lainnya mencoba mengembangkan layanan mereka sendiri.
Banyak pengembang independen suka menjual game langsung di situs web mereka sendiri untuk menghindari pembayaran komisi atas penjualan ke toko. Di sisi lain, ini mempromosikan keberadaan situs web tidak resmi yang juga menawarkan permainan gratis. Tentu saja, ini menarik bagi para pemain dan cukup banyak dari mereka yang antusias.

BACA JUGA  Spesifikasi OPPO A53 Yang Dibanderol Setengah Harga OPPO Reno 4

Masalahnya, scammer di internet memanfaatkan situasi seperti ini. Misalnya, mereka malah menipu pemain agar masuk ke situs phishing dan mendistribusikan perangkat lunak perusak yang terlihat seperti game terbaru.

2. Masukkan alamat Game Store ke dalam browser secara manual

Jika seorang anggota forum mengklaim Anda dapat mengunduh koleksi permainan gratis dari toko aslinya, berhati-hatilah sebelum memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda di halaman mana pun dari tautan yang mereka kirim.

BACA JUGA  Tips Agar Menang Bermain Game Mobile Legends

Situs tersebut bisa saja palsu dan kemudian disimpan ke alamat yang sangat mirip dengan toko asli. Peretas ini ingin mengumpulkan kredensial dan membajak akun Anda. Cara terbaik adalah menggunakan klien resmi toko game atau memasukkan URL secara manual di bilah alamat browser.

3. Cari hanya dari pengembang dan penerbit terverifikasi
Sebelum mengunduh apa pun, cari informasi online tentang suatu permainan. Pastikan game dan developer memiliki reputasi yang baik.
Jika pengembang memiliki masalah keamanan, Anda mungkin dapat menemukan berita terkait di media dan forum.

BACA JUGA  Spesifikasi Moto G9 Power Yang Boyong Baterai Jumbo 6.000 mAh

4. Baca review dari pemain lain
Pada tahun 2018, pengembang game Abstractism, yang telah lulus moderasi di Steam, tertangkap sedang menambang cryptocurrency di komputer pengguna.

Sejumlah pemain berhasil mengungkap praktik tersebut setelah menyadari bahwa program terkait adalah sumber yang berbahaya. Bahkan sebelum administrator platform menyadari penipuan tersebut, ulasan dari para gamer yang tidak puas telah menurunkan peringkat game tersebut.
Jadi pastikan untuk membaca ulasannya sebelum menginstal game. Jika sebuah game mendapat banyak kritik, itu tandanya kamu tidak move on.

BACA JUGA  Vivo IFEA, Konsep dengan Kamera Ponsel yang Bisa Lepas Pasang

5. Jangan matikan proteksi dan perlindungan
Perangkat lunak antivirus dapat mendeteksi situs web palsu sebelum menyebabkan kerusakan, memindai file instalasi, memblokir aktivitas mencurigakan, dan melindungi data berharga Anda.

Beberapa pemain menonaktifkan sistem perlindungan karena mereka yakin itu akan membantu memaksimalkan kinerja game. Faktanya, ini adalah ide yang buruk, terutama karena jika Anda menonaktifkan solusi antivirus Anda, Perlindungan Windows bawaan akan berfungsi dan menggunakan sebagian sumber daya komputer Anda.

Di sisi lain, beberapa solusi pihak ketiga seperti: B. Kaspersky Security Cloud, mode permainan di mana perangkat lunak antivirus membebani CPU saat bermain.

BACA JUGA  Inovasi Corning Gorilla Glass, Pelapis Ponsel Bunuh Virus Corona

Leave a Comment