Cara Mengatasi Masalah Sederhana Pada Power Window

Hampir semua mobil telah menggunakan power window untuk membuka dan menutup jendela kendaraan. Meski lebih mudah digunakan, fitur ini juga rawan macet.
Untuk mengetahui cara mengatasi power window yang macet, pemilik kendaraan harus memahami terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia, Kamis (27/8/2020).

Switch atau sakelar rusak
Sakelar pada jendela listrik lebih rumit daripada sakelar lampu mobil dan menangani tiga perintah: jendela turun, jendela naik, dan juga mati.
Dengan penggunaan yang sering, sakelar tiba-tiba bisa macet. Jika kotak centang tidak dicentang, sakelar mungkin rusak total dan tidak berfungsi sehingga kaca depan tidak dapat dipindahkan. Dalam hal ini, pemilik harus menggantinya dengan sakelar baru.

Mesin sudah aus
Mobil yang mengkonsumsi tenaga listrik harus menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik pada umumnya, motor listrik ini juga dapat mengalami kerusakan.
Sikat atau sikat motor adalah bagian yang banyak mengalami kerusakan. Berfungsi menghantarkan arus listrik dari sumber aslinya ke rotor motor yang berputar, pasti terjadi gesekan antara rotor dengan sikat.

Gesekan yang terjadi akan mengikis sikat motor. Sikat menjadi aus dan distribusi daya listrik tidak dapat dilakukan dengan benar. Akibatnya motor macet dan kaca tidak bisa digerakkan.
Kerusakan ini biasanya hanya terjadi pada satu pintu. Dalam hal ini, pengemudi dapat mencoba menaikkan dan menurunkan sakelar dari sisi pengemudi. Jika kaca tidak bergerak sama sekali, motor akan mati.

Namun, jika power window dapat digunakan dari sisi pengemudi, artinya saklar tersebut rusak. Solusinya, kuas pakai harus diganti.

Rel kaca mobil terlalu kotor
Rel kaca depan mobil mudah kotor. Jika relnya kotor, hal itu dapat mempengaruhi pergerakan kaca depan. Jika rel kaca terlalu kotor, akan menimbulkan suara saat jendela listrik digunakan.
Jika kotoran dibiarkan, kaca depan akan macet karena menempel di kotoran. Mengatasi kaca depan yang tersumbat debu dilakukan dengan menyemprotkan semprotan silikon di antara rel kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *